Selasa, 10 November 2009

Pengalaman Februari 2005

21 Pebruari 2005

Pada hari Minggu 20 Pebruari 2005 setelah selesai sembahyangan di rumah mas Agus Sudarno, kami semua pulang. Mas Agus mengatakan bahwa ban motorku seperti kempes pas di depan rumah pak Pudjono. Mas Agus mendahului mengantar pak Mardayat.Aku dan pak Yohanes mampir di rumah pak Pudjono. Dia baru saja sampai dari Yogya. Karena melihat lampu menyala di rumah pak Pudjono, maka kami berdua mampir dan janjian besok malam bertemu di rumah pak Mardayat. Sebenarnya ada ajaran namun aku tidak mencatatnya.

Hari Seninnya 21 pebruari 2005 yang berkumpul hanya pak Mardayat, aku, pak Pudjono dan pak Abraham. Kami mengobrol macam-macam tentang kehidupan sehari-hari.

Berbicara masalah bencana di pulau Jawa ini, dalam pandangan pak Pudjono kelihatan gunung yang tinggi seperti Semeru. Gunung Merapi sepertinya sedang ditunggui beberapa orang. Malahan seperti ada gambaran Semar Badranaya dan Petruk yang ikut tuguran. Pak Abraham bercerita tentang Karang Sambung. Dalam mimpi pak Pudjono, sepertinya Australia bergeser ke arah timur walaupun hanya sedikit. Dampaknya bisa terjadi pergeseran kerak bumi dan akibatnya bisa terjadi bencana gempa bumi. Daerah dataran pantai selatan seperti Yogyakarta sampai Cilacap dan Jawa Barat dapat tersapu air laut yang digoncang hebat.

Selama kami ngobrol, dalam pandangan pak Pudjono seperti terlihat gajah yang sedang mendekam.. Kemudian, sewaktu kami membicarakan Injil Matius 16, yang terlihat hanya teko porong berisi minuman tanpa gelas. Jawaban yang didengar pak Pudjono adalah bahwa kita diminta untuk percaya dan percaya kepada Tuhan. Ibaratnya orang yang sedang kehausan melihat teko berisi air, tanpa berpikir panjang langsung diminum. Setelah kita mengerti dan memaklumi hal tersebut, dalam pandangan pak Pudjono teko tersebut berubah menjadi poci kecil. Sepertinya Tuhan Yesus berkenan hadir walaupun tidak kelihatan. Jawaban yang didengar adalah bahwa minuman tersebut hanya sedikit namun lebih manteb. “Percaya iku diwiwti saka tresna, terus dadia nyata, mengko rak bakal tinarbuka. Mulane aja elik lan nduwa (?). Nanging ya kuwi, angele ana neng tresna, amarga isih kepengin urip, sing sakjane urip iku ora kanggo. Kudune urip iku mikir Aku, sing duwe urip, urip sing ana tangan-Ku, sing ana catetan-Ku. Ning nggoleki urip iku ya angel, amarga biasane katresnan iku mung menyang awake dhewe, durung menyang Aku. Dudu urip-Ku sing nggawe urip. Persembahan sing paling dhuwur iku urip lan mengko bakal ketemu Urip. Lha sing katon iku kabeh amung ubarampe, ning nyatane ora ana. Tresna marang Aku iku kudu bisa nglalekake liya-liyane. Iku sapa, iku lagi apa, iku kanggo apa. Dadi, tresna iku kudu njaba-njero kabeh. Tresna marang sepadha-padha iku jenenge tetulung. Tresna marang Gusti iku tegese ngluhurake Aku, mulane ora susah ndelok kiwa tengen, ndelok panggonan, amarga bisa ana ngendi wae. Golekana Aku dhisik mengko rak bakal ketemu ana atimu. Saiki genten Aku tak takon karo kowe, kowe nggoleki Aku iku arep apa? Mengko entek-entekane rak njaluk sugih!” (Percaya itu dimulai dari cintakasih, terus dijadikan nyata, nanti akan terbuka. Makanya jangan melarang dan berpikir negatif. Tetapi yaitu, sulitnya ada di kasih, karena masih ingin hidup, yang sebenarnya hidup itu tidak dipakai. Seharusnya hidup itu memikirkan Aku, yang mempunyai hidup, hidup yang ada di tangan-Ku, yang ada di catatan-Ku. Tetapi mencari hidup itu juga sulit, karena biasanya mengasihi itu hanya untuk dirinya sendiri, belum kepada-Ku. Bukan hidup-Ku yang membuat hidup. Persembahan yang paling tinggi itu memberikan hidup dan nanti akan bertemu Hidup. Dan yang kelihatan itu semua hanyalah kelengkapan, yang nyatanya tidak ada. Mengasihi Aku itu harus bisa melupakan lain-lainnya. Itu siapa, sedang apa, itu untuk apa. Jadi, kasih itu harus luar dalam semua. Mengasihi sesama itu namanya menolong. Mengasihi Tuhan itu maksudnya meluhurkan Aku, makanya tidak usah melihat kiri kanan, melihat tempat, karena bisa dimana saja. Carilah Aku dahulu nanti akan ketemu dalam hati kalian. Sekarang gantian Aku akan bertanya kepada kalian, kalian mencari Aku itu mau apa? Nanti ujung-ujungnya kan minta kaya) Kami semua hanya bisa tertawa dan tersenyum.

Kami bertanya yang dimaksud dengan hukum kasih dan dijawab :”Sing tak karepake iku melua Aku lahir trusing batin. Iku ora gampang lho! Lahire iya, batine isih weruh kadonyan, ning yen tak jaluk mengko rak padha endha, ethok-ethoke ora krungu. Lambene mesam-mesem yen sakjane padha durung siyaga. Yen nggoleki Aku, rungokna krentege ati ..... ..... ikhlas njaba njero sakabehe, iki uwis wiwit ana tresna ..... ..... wani ngalah.” (Yang aku maksudkan itu ikutlah Aku lahir sampai batin. Itu tidak gampang lho! Lahirnya iya, batinnya masih melihat duniawi, tetapi kalau Aku minta, nanti kan mengelak semua, pura-pura tiak mendengar. Bibirnya senyum-senyum yang sebenarnya masih belum siap siaga. Kalau mencari Aku dengarkan suara hati ..... ikhlas luar dalam semuanya, itu sudah mulai ada kasih ..... berani mengalah)

Wejangan tentang hari Paskah, hari baik :”Dina Sebtu Legi iku dalan padhang, yaiku dalan urip. Minggu Legi iku dina padhang, yaiku dina kanggo golek pangan. Yen kanggo-Ku Paskah iku sing penting lahir lan batine kudu tangi, terus bisa nampa Komuni. Pancen, sing bener iku sakjane Paskahe wong Kristen Ortodox, sing isih nguri-uri asline. Lha yen Roma iku amarga uwis direkayasa, diothak-athik dhewe. Mulane padhaa bisa nguri-uri sing sak benere, ora susah digawe-gawe, mengko mundhak seje. Yen miturut etungane uwong Jawa, Aku seda dina Jumat Wage lan tangi ing dina Minggu Legi; mulane yen dina Minggu Legi supaya sing akeh olehe memuji marang Gusti.” (Hari Sabtu legi itu jalan terang, yaitu jalan hidup. Minggu Legi itu hari terang, yaitu hari untuk mencari makan. Kalau menurut Aku Paskah itu yang penting lahir dan batinnya harus bangkit, terus bisa menerima Komuni. Memang, yang benar itu Paskahnya orang Kristen Ortodox, yang masih memelihara aslinya. Kalau Roma itu sudah direkayasa, diotak-atik sendiri. Makanya bisalah memelihara yang sebenarnya, tidak usah dibuat-buat, nanti malah berbeda. Kalau menurut hitungan orang Jawa, Aku wafat hari Jumat Wage dan bangkit di hari Minggu legi. Makanya kalau Minggu Legi supaya perbanyaklah memuji Tuhan)

Aku bertanya apakah ada tempat lain selain surga neraka dan api pencucian, setelah kematian. Jawaban-Nya :”Iku jenenge Papan Panginepan kang dununge antara Swarga lan Neraka, lan ora bisa menyang endi-endi. Paribasane kaya uwong sing bingung. Lha wong tak rawuhi ya ora ngerti karo Aku, ditakoni ya ora mangsuli. Mulane kuwi yen kowe cedhak Aku sing ana atimu, dongane :”Dadia pepundhenku sing ana atiku.” Gambar sing kok pajang iku gambaren ana atimu, kanggo pangeling-eling kasangsaran Dalem sing dialami amarga tresnane marang manungsa.” (Itu namanya tempat penginapan yang tempatnya antara surga dan neraka, dan tidak bisa kemana-mana. Anggaplah seperti orang yang bingung. Aku datangi mereka juga tidak kenal Aku, ditanya juga tidak menjawab. Makanya itu kalau kalian dekat dengan Aku yang ada di hati kalian, doanya :”Jadilah sesembahanku yang ada di hatiku.” Gambar yang kalian pasang itu gambarkan dalam hati kalian, untuk pengingat-ingat sengsara Tuhan yang dialami karena kasih-Nya kepada manusia)
Gambar yang dimaksud adalah gambar yang bermahkota duri, Kurang lebih seperti salib yang di atas tabernakel gereja Santa Odilia Cicadas.

“Gustimu lan Ibumu sing mekrad, munggah swarga sareng jiwa lan raga, iku dadi perlambang yen rawuh ana bumi pasuryane tetep padha kaya ndhisik. Dadi Gustimu lan Ibumu kuwi tetep manungsa sing asale saka Timur Tengah, tetep uwong Yahudi. Coba rasakna apa kowe ora bakal bingung yen Gustimu utawa Ibumu rawuh ana kene, terus pasuryane kaya uwong saka China utawa Indonesia, utawa saka Afrika.” (Tuhan dan Bunda kalian yang mekrad, naik ke surga jiwa dan raga; Itu menjadi perlambang kalau hadir di bumi wajahnya tetap sama seperti dulu. Jadi Tuhan dan Bunda kalian itu tetap manusia yang asalnya dari Timur Tengah, tetap orang Yahudi. Coba rasakan apakah kalian tidak akan bingung jika Tuhan kalian atau Bunda kalian hadir di sini, terus wajahnya seperti orang dari China atau Indonesia, atau dari Afrika)

Sewaktu aku bertanya tentang buku yang sedang aku buat tentang memahami kata-kata-Nya di Injil Matius, dijawab :”Iku sebarna lan ora susah nunggu nganti komplit, amarga kabeh uwong iku uwis duwe pengalamane dhewe-dhewe sing bisa berkembang. Dongane mengkene :”Dadia kabgejane uwong akeh kang nampa wewarah iki.” (Itu sebarkan dan tidak usah menunggu sampai komplit, karena semua orang itu sudah mempunyai pengalaman sendiri-sendiri yang bisa berkembang. Doanya begini :”Jadilah kebahagiaannya orang banyak yang menerima ajaran ini)


24 Pebruari 2005

Sore itu aku sudah menjemput pak Pudjono dan bersama-sama ke rumah pak Mardayat. Kami tidak langsung masuk ke rumah tetapi duduk di luar. Dalam pandangan pak Pudjono, sepertinya di depan rumah pak Mardayat ada pawongan berpakaian Jawa, surjan berwarna kebiruan, memakai batik dan blangkon, berumur enampuluhan. Sewaktu kami tanyakan ia menyebut dirinya Ki Durpa Giri Wisesa dari Giri Mulya Kulon Praga. Dia mendapat tugas “ngancani mundhak keplantrang. Aku ana Papan Panginepan, ning sejatine ya uwis mulya.”

Kemudian pak Mardayat keluar dan pak Saan pun datang bergabung masuk ke dalam rumah. Kami ngobrol macam-macam sampai Kitab Suci. Dalam pandangan pak Pudjono, sepertinya ada seseorang lain orang Jawa yang bajunya separo terbuka, santai namun seperti gerah panas :”Aku biasa disebut Paidon lan jenengku Sumarah.” Dalam sesaat sepertinya terlihat Kitab Suci atau buku tebal. Setelah bincang-bincang terlihat ada simbul kelapa yang sudah tua dibelah dua dengan sabutnya. Kami masih bertanya-tanya maknanya dan kemudian ada suara :
“Ora ana apa-apa, ora ana rubeda. Klapa saya tua saya ana isine. Dadi yen wis tuwa dianggep uwis bisa nyranani. Dadi karana klapa tuwa, dadia sapadha-padha kang uwis ditindakake, dadi ngerti lupute dhewe-dhewe. Dadi tak tuduhi, klapa sing uwis pecah, isine kandel. Diarani dhewe sapadha-padha, yen uwis ana isine lan uwis tumata. Mengkone nemu kasunyatan sing nyata, bisa dirasakake ..... ..... dadi wong liya melu nyata. Mula takwujudake klapa, sing bisa dadi unen-unen saya isi saya tumata, sabanjure bisa kanggo conto sapadha-padha, separo ana awakmu separo ana wong liya, ning sejatine tangkep. Tangkepe atimu karo umat. Uwis titi wancine kanggo umat, syukur-syukur yen bisa kanggo umat liya lan iku luwih penting. Bisa kanggo tetangga utawa sedulur sing luwih dhuwur. Nanging sing dhuwur iku durung tentu luwih wening, malahan bisa kalah karo sing biasa. Piye golek wening? Wening iku isine dadia tuladha kang makarya.” (Tidak ada apa-apa, tidak ada pencobaan. Kelapa tambah tua tambah ada isinya. Jadi kalau sudah tua dianggap sudah bisa menjadi sarana. Jadi melalui kelapa tua, jadilah sesama yang sudah dijalankan, jadi tahu salahnya sendiri-sendiri. Jadi aku beritahu, kelapa yang sudah pecah, isinya tebal. Dinamakan sendiri sesama, jika sudah ada isinya dan sudah tertata. Nantinya menemukan kenyataan yang nyata, bisa dirasakan ... jadi orang lain ikut nyata. Maka aku wujudkan kelapa, yang bisa menjadi ungkapan semakin isi semakin tertata, seterusnya bisa jadi contoh bagi sesama, separo di diri kalian separo ada di orang lain, tetapi sebenarnya satu. Menyatunya diri kalian dengan umat. Sudah sampai waktunya bagi umat, syukur-syukur kalau bisa bagi umat lain dan itu lebih penting. Bisa untuk tetangga atau saudara yang lebih tinggi. Tetapi yang tinggi itu belum tentu lebih bening, malahan bisa kalah dengan yang biasa. Bagaimana mencari bening? Bening itu isinya jadilah teladan bagi yang berkarya)

“Klapa tiba banjur digawa mrana-mrene, dadi tunggul banjur gedhe, sumbrambah ana kiwa tengene. Klapa banjur bisa sumebar yen adoh saka uwite, yen cedhak mung didelok uwite, dudu klapane. Iku kabeh mau, sing penting kanggo kowe dhisik ..... ..... berbuah dulu seperti induknya ..... ..... wis dadi buah saka induk, ning durung tuwuh.” (Kelapa tua terus dibawa kemana-mana, jadi bibit terus besar, menyebar di kiri kanannya. Kelapa terus bisa menyebar jika jauh dari pohonnya, kalau dekat hanya dilihat pohonnya, bukan kelapanya. Itu semua tadi, yang penting buat kalian dulu ..... berbuah dulu seperti induknya ..... sudah jadi buah dari induk, tetapi belum tumbuh)

“Ki Durpa sing tak tugasake. Sing jeneng sumarah iku dumunung saka ati, ora saka liya-liya. Ki Durpa wong wasesa, sing tak kon ngawat-awati kowe, mengko mundhak kejlontrong. Sakjane wong iki dadi seksi sing diwartakake marang wong samubarang, sing ora kudu terdidik apa kang mulya. Wong sembarang malahan ora bakal rena-rena, amung sendika dhawuh. ..... nanging pinter nampa krana wewarah. Sing penting wewarah tinimbang sing didhawuhi.” (Ki Durpa yang Aku tugaskan. Yang namanya sumarah itu terletak di hati, bukan dari lain-lain. Ki Durpa orang pintar, yang Aku suruh mengawasi kalian, jangan sampai kebablasan masuk ke dalam pencobaan. Sebenarnya orang ini jadi saksi yang diwartakan kepada sembarang orang, yang tidak harus terdidik atau yang mulia. Orang sembarang malah tidak akan macam-macam, hanya menuruti perintah. .... tetapi pintar menerima dari ajaran. Yang penting ajaran daripada yang diperintah)

“Darmono iku uwis tuwuh, yen pak Mardayat paribasane tinggal mberkati. Pak saan iku tinggal ngleksanakake amarga sing bisa ngajar, berbuah karya. Pak Pudjono iku durung tuwuh, nanging ora perlu kuciwa lan bosen, amarga Aku ora bosen-bosene tansah nglindhungi.” (Darmono itu sudah tumbuh, kalau pak Mardayat malah tinggal memberkati. Pak San itu tinggal melaksanakan karena yang bisa mengajar, berbuah karya. Pak Pudjono belum tumbuh, tetapi tidak perlu kecewa dan bosan karena Aku tidak bosan-bosannya melindungi)

“Kabegjan iku nyata. Kanugrahan iku untung kang timuba ing sawijining pawongan kang bisa ngerteni lan nampa samubarang kanthi weninge ati, kang susah ditampa akal ..... ..... malah-malah kanggone wong liya bisa dianggep rugi amarga dudu kadonyan. Kanugrahan dirasakake saka jroning ati.” (Keberuntungan itu nyata. Anugerah itu keuntungan yang jatuh kepada seseorang yang bisa mengerti dan menerima segala hal dengan hati bening, yang sulit diterima akal ....., malahan untuk orang lain bisa dianggap rugi karena bukan duniawi. Anugerah dirasakan dari dalam hati)

“Pasa iku, yen bisa tumimbal marang liyan. Amarga saka pasa, kanugrahan iku bisa tumimbal ing liyan, amarga dongane mandi lan tinampa Kang Kuwasa. Kang Kuwasa sing bakal nampa pandonga. Aku ora bisa njabel, nemtokake, nyabut asile pandonga. Yen bisa, wayah Sebtu Legi pasa sedina sewengi. Pasa iku mlirika lan panthenga marang Aku, lalekna mangan ngombe, kenikmatan, aja wedi lara wedi suka. Dadi lalekna liya-liyane, kayata mangan, kautaman, ngelingi bebrayan, kesenengan dolanan, lelimbangan. Panyuwun iku siji mbaka siji, ora mbreh-mbrehan njaluk kabul kabeh. Nanging Aku ora ndhawuhke pasa Lho. Aku ndhawuhke pati raga, kanggo golek kamulyan kang ditindakake Gustimu 40 dina 40 bengi. Iku pancen abot, sedina rong dina rasane kesiksa, nanging yen iku dhawuh-Ku, gedhe kanugrahane. ..... ..... urip langgeng sawijining kanugrahan lan kudu kok udi.” (Puasa itu kalau bisa berdampak kepada orang lain. Karena dari puasa, anugerah itu bisa berdampak kepada orang lain, karena doanya manjur dan diterima Yang Kuasa. Yang Kuasa yang akan menerima doa. Aku tidak bisa mencabut, menentukan, mencabut hasil dari doa.
Kalau bisa, hari Sabtu Legi puasa sehari semalam. Puasa itu lihatlah dan kensentrasikan hanya kepada-Ku, lupakan makan minum, kenikmatan, jangan takut sakit takut senang. Jadi lupakan segalanya, seperti makan, keutamaan, mengingat keluarga, kesenangan bermain, merenung. Permohonan itu satu per satu, tidak bersamaan minta terkabul semua. Tetapi Aku tidak memerintahkan berpuasa lho. Aku meminta pati raga, untuk mencari kemuliaan yang dilakukan Tuhan kalian empatpuluh hari empatpuluh malam. Itu memang berat, sehari dua hari rasanya tersiksa, tetapi kalau itu perintah-Ku, besar anugerahnya. ..... hidup kekal salah satunya anugerah yang harus kalian cari)

“Pati raga iku tegese sedina sewengi ora mangan apa-apa, ora duwe gegayuhan apa-apa. Pikiran mung tumuju nggayuh urip langgeng. Diwiwiti nganggo ngombe banyu bening dhisik. Yen pati raga saben dina, iku wis dadi pati raga mulya.” (Pati raga itu maksudnya sehari semalam tidak makan apa-apa, tidak berkeinginan apa-apa. Pikiran hanya tertuju mencapai hidup kekal. Dimulai dengan minum air bening dulu. Kalau pati raga setiap hari, itu sudah menjadi pati raga mulia)

“Swara “nging” ana kuping iku ana sing ngajak, nanging durung ketemu amarga durung ana filtere lan durung kasaring. Yen pas ana swara “nging” dongane :”Munia tak rungokake, metua tak deloke, renea tak tunggune.” (Suara nging di telinga itu ada yang mengajak, tetapi belum ketemu karena belum ada filternya dan belum tersaring. Kalau pas ada suara nging, doanya :bersuaralah aku dengarkan, keluarlah aku lihat, kesinilah aku tunggu)

Pesan akhir pertemuan adalah suatu doa sebelum melaksanakan sesuatu:”Dadia kekarepane Gusti ana atiku.” (Jadilah kehendak Tuhan di hatiku)

28 Pebruari 2005

Hari Senin malam itu aku ke rumah pak Pudjono, yang sebelumnya main pingpong di gereja dengan pastur Surono dan mas Hendra.
Karena ada perasaan haus akan ajaran Tuhan Yesus, malam itu rasanya “signal” datang begitu cepat. Malam itu ada simbul pelepah pisang dan kemudian ada suara yang didengar pak Pudjono :”Bener, papah gedhang iku bisa kanggo payung kang dianggo dhewe-dhewe secara pribadi. Dudu payung gaweane manungsa, ananging payung kang alami. Lha yen milih sing amba mesthine ya ana neng uwit kang dhuwur. Milih sing gedhe sing kudu kok gayuh, sing dhuwur, mulane kudu prihatin, yen kepengin kacek karo liyane. Kacek iku ora kudu pinter kang tegese pinter kawruh lan bisa nulari. Mulane kowe wong loro kudu duwe ati sing jajag. Ya bener, papah gedhang dipecok, sauwise dianggo terus dibuang, ora ngono kuwi. ..... Gedhang iku tegese digeget dadi padhang; mula ana unen-unen digeget kang kenceng aja nganti ucul, ben pepadhange ana atimu. ..... Sajake simbul sing tak anggo ora pati cocok karo awakmu. Yen kawruh kuwi isih bisa ucul, ning yen kok geget ora bakal ucul. Ilmu kuwi mbaka sethithik banjur diulu mlebu ing ati, mulane padha niru. Umume kabeh uwong kepengin nguntal wutuh. Dadi kawruh iku mlebune mbaka sethithik mlebu ati.” (Benar, pelepah pisang itu bisa untuk payung yang dipakai sendiri-sendiri secara pribadi. Bukan payung buatan manusia, tetapi payung yang alami. Jika memilih yang lebar mestinya ya berada di atas pohon. Memilih yang besar yang harus kalian capai, yang tinggi, maka harus prihatin, kalau ingin lebih dari yang lainnya. Lebih itu tidak harus pintar yang maksudnya pintar pengetahuan dan bisa menularkan. Maka kalian berdua harus mempunyai hati yang kuat. ... Pisang itu maksudnya digigit menjadi terang, maka ada ungkapan digigit yang keras agar jangan sampai lepas, biar si pembawa terang berada di hati kalian. .... Sepertinya simbul yang Aku pakai tidak begitu cocok dengan diri kalian. Jika pengetahuan itu masih bisa lepas dari diri kalian, tetapi kalau kalian gigit tidak akan lepas. Ilmu itu dari sedikit terus ditelan masuk ke dalam hati, makanya yang lain meniru. Umumnya semua orang ingin menelan wutuh. Jadi pengetahuan itu masuknya dari sedikit masuk ke hati)

“Dongane :”Niat ingsun ndherek Gusti, ora wedi mati.” Nanging umume banjur diganti, niat ingsun ndherek Gusti dohna pati. Mulane Aku genti takon, piye janjimu dhisik? Yen uwis janji kudu dilakoni. Iku mau uwis tak Thok! Saiki padha rasakna dhisik sak kloron.” (Doanya :”Niatku ikut Tuhan, tidak takut mati.” Tetapi umumnya terus diganti, niatku ikut Tuhan jauhkan dari mati. Maka Aku ganti bertanya, bagaimana janji kalian dulu? Jika sudah berjanji harus dijalankan. Itu tadi sudah Aku meterai. Sekarang coba rasakan dahulu berdua)

Kami berdua mencoba mengupas segala wejangan tersebut sambil merokok dan minum kopi. Yang dapat kami rasakan bahwa Tuhan Allah itu maha bijaksana dan maha segalanya, karena kalau kami tidak tahu, sering kali wejangan tersebut diulang kembali. Namun tetap saja aku tidak dapat mengejar untuk menulis komplit ajaran-ajaran yang kami terima.

Kemudian pak Pudjono melihat ada gambaran anak kambing yang belum ada tanduknya. Wejangan yang kami tangkap kurang lebih :”Wedhus iku kanggo conto yen kowe kudu bisa kaya domba iki. Kudu bisa manut marang pangon amarga Aku sing njaga. Kenapa simbule dudu sapi? Yen sapi iku diarah daginge tur ora umum nganggo pangon. Domba dikandhangake, kandhang iku ana batinmu dhewe, lan banjur mlumpuk, sak emper, sak rupa, sak pandonga, sak tuladha. Iku kang diarani Brayat Mulya. Brayat kang pinilih dening Gustimu, ya Aku, kang gawe urip. Brayat sebab kowe kuwi sak sedulur karana Aku, Aku dadi tetunggulmu, tetunggul kang ora ana wates wektune. Pangon ana ing alam donya, sing kok weruhi ya uwong, dudu pastur ning pangon. Lha secara sakabehe pangon iku siji, Aku. Kang ndarbeni Aku. Pastur kuwi samangsa tugas disebut pangon. Yen ora tugas ya domba. Yen isih jejuluk pastur iku pangon, nanging yen pemberkatan jenenge utusan, sebab tangane pastur iku tangan-Ku. Mula sak mandi-mandine pastur iku pemberkatan. Yen lagi mulang ana podium iku pangon, mulane deloken, yen pastur mberkati, wujude pastur apa Aku?” (Domba itu untuk contoh kalau kalian harus bisa seperti domba ini. Harus bisa menurut kepada gembala karena Aku yang menjaga. Mengapa simbulnya bukan sapi? Kalau sapi itu diharap dagingnya dan tidak umum memakai gembala. Domba dikandangkan, kandang itu berada di batin kalian sendiri, terus berkumpul , sejenis, serupa, se doa, se teladan. Itu yang disebut keluarga mulia. Keluarga yang terpilih oleh Tuhan kalian, ya Aku, yang membuat hidup. Keluarga karena kalian itu satu saudara karena Aku, Aku menjadi sesembahan kalian, sesembahan yang tidak ada batas waktunya. Gembala di alam dunia, yang kalian lihat ya orang, bukan pastur tetapi gembala. Secara keseluruhan gembala itu satu, Aku. Yang memiliki Aku. Pastur itu ketika tugas disebut gembala. Kalau tidak bertugas disebut domba. Jika masih disebut pastur itu gembala, tetapi kalau pemberkatan itu namanya utusan, sebab tangannya pastur itu tangan-Ku. Maka seampuh-ampuhnya pastur itu pemberkatan. Jika sedang mengajar di mimbar itu gembala, maka lihatlah, jika pastur memberkati, wujudnya pastur atau Aku?)

Kami bertanya tentang perayaan Ekaristi dan dijawab :”Wiwit saat kuwi dadi Salira lan Rah. ..... bener. Yen pastur bisa ngrasakake, tangane mesthi griming-griming lan muter-muter. Pastur ora oleh guyon, amarga iku tenan lan mandi. (Mulai saat itu menjadi Tubuh dan Darah. ....benar. Jika pastur bisa meraskan, tangannya pasti bergetar dan berputar. Pastur tidak boleh bergurau, karena itu beneran dan ampuh) ---yang kelihatan oleh pak Pudjono saat imam mengacungkan kedua tangan di atas piala dan sibori yang berisi anggur dan roti.

“Mberkati sing ana ngisore, berubah dadi Sabda dalem Gusti. Roti kang diberkati mawa makna dadi ubarampe kang suci. Saiki kowe bisa mbedakake makna mberkati hosti, mberkati wong lara, mberkati omah lan liya-liyane. Mberkati uwong sing intine tambah apik, tambah resik, ning ora berubah. Yen mberkati barang dagangan dadi dhuwur ajine amarga jarena saka Tuhan. Aji iku mung barang mati. Resik awakmu iku tegese resik ati, pikiran, guneman, tindakan lan liya-liyane. Resik omahe iku tegese mung padhang kahanane. Berkat tetep berkat, ning ana unsur manungsane. Ana sing dadi kebiasaan, mung ganep-ganep. Nanging ana sing dadi berkat, banjur sumarah tata kawruhe, kang bisa ndadekake beda-beda kelakuane. Berkat sakjane dawa umure, yen nglirwakake dadi luntur. Sejatine berkat iku langgeng. Sapa sing tak berkati mesthine ora mati, amarga berkat kuwi langgeng. Mesthine ora ana enteke, dadi ora tau mati. Nanging ya ana sing dhugul atine, suwe-suwe lali terus njaluk berkat maneh.” (Memberkati yang berada di bawahnya, berubah menjadi Sabda Tuhan. Roti yang diberkati berisi makna menjadi perlengkapan yang suci. Sekarang kalian bisa membedakan makna membekati roti, memberkati orang sakit, memberkati rumah dan lain-lainnya. Memberkati orang yang intinya tambah baik, tambah bersih tetapi tidak berubah. Kalau memberkati barang dagangan menjadi tinggi nilainya karena katanya dari Tuhan. Nilai itu hanya barang mati. Bersih diri kalian itu artinya bersih hati, pikiran, perkataan, perbuatan dan lain-lainnya. Bersih rumahnya itu artinya hanya terang keadaannya. Berkat tetap berkat, tetapi ada unsur manusianya. Ada yang menjadi kebiasaan, hanya genap-genap. Tetapi ada yang menjadi berkat, terus berserah tata pengetahuannya, yang bisa menjadikan berbeda-beda kelakuannya. Berkat sebenarnya panjang umurnya, kalau melalaikan menjadi luntur. Sebenarnya berkat itu kekal. Siapa yang Aku berkati mestinya tidak mati, karenaberkat itu kekal, Mestinya tidak ada habisnya, jadi tidak pernah mati. Tetapi ya ada yang tegar tengkuk hatinya, lama kelamaan lupa terus memohon berkat kembali)

Pak Pudjono bertanya bahwa hari sebelumnya “didatangi” oleh seorang perempuan yang mengaku bernama Grizila (Graciela?) dari Bosnia. Apakah dia orang suci? Dan dijawab dia masih hidup dan hanya ingin kontak batin saja dengan pak Pudjono. Sedangkan tentang ibu Maria Simma dari Austria, dijawab bahwa dia hampir sama dengan St. Maria Goreti (?) :”Dheweke iku padha karo Maria Goreti kang wani saba wani mulang menyang endi-endi. Sak kal nampa dhawuh Dalem, terus njaluk nasihat pastur, terus disaranke pastur kang kudu bisa mancabasa lan bisa mulang. Dheweke bisa lima manca basa, ya saindhenge basa kono. Ana basa Ursula (?), basa sing dianggo para suster. Lan dheweke diweruhi para wanita kang lagi diwisuda kang sejajar karo para santa. Basa Ursula iku basa Kurdi, basa suci, basa putih, basa ningrate Timur Tengah, amarga Gustimu wong Timur tengah. Basa priya suci iku jenenge basa Gregori (?), sebab basa wong lanang kuwi basa suci, priya kang wedi, kang sadat, kang ora kenal wadon.” (Maria Simma sama dengan Maria Goreti yang berani keluar berani mengajar kemana-mana. Begitu menerima perintah Tuhan, terus meminta nasihat pastur, terus diarankan pastur yang harus bisa manca bahasa dan bisa mengajar. Dia bisa lima manca bahasa, ya sekitar bahasa disitu. Ada bahasa Ursula, bahasa yang dipergunakan para suster. Dan dia bisa melihat para wanita yang sedang diwisuda yang sejajar dengan para santa. Bahasa Ursula itu bahasa Kurdi, bahasa suci, bahasa putih, bahasa ningrat Timur Tengah, karena Tuhan kalian dari Timur Tengah. Bahasa pria suci itu namanya bahasa Gregori, karena bahasa orang laki-laki itu bahasa suci, pria yang takut, yang selibat, yang tidak mengenal perempuan)

Kami berdua agak bingung dengan segala macam bahasa tersebut karena belum pernah mendengar seperti itu. Yang kami pernah dengar memang ada Santa Ursula dan Santo Gregorius.

“Atimu iku wadhahe Allah, aja kok isi liya-liyane kang ora perlu, kudu mligi kanggo Allah. Penerapane, tangi turu banjur maca Alkitab. Tangi turu cekelen Gustimu dhisik, lagi nyambut gawe apa sing perlu. Dongane :”Tuhan sumber kekuatanku.” Dadi dudu sumber kekayaanku. Tegese dadi kekarepane Tuhan didhisikake, dudu kekarepane dhewe. Sumber kekuatan Tuhan iku dudu berkat, dadi ora bisa kanggo nambani. Sing kanggo nambani kudu berkat nganggo tangan kang tak utus. Ora bisa nambani rak ora apa-apa ta?” (Hati kalian itu tempatnya Allah, jangan diisi lain-lain yang tidak perlu, harus khusus untuk Allah. Penerapannya, bangun tidur terus membaca Alkitab. Bangun tidur peganglah Tuhan kalian dulu, baru bekerja apa yang perlu. Doanya :”Tuhan sumber kekuatanku.” Jadi bukan sumber kekayaanku. Maksudnya Kehendak Tuhan didahulukan, bukan kehendak sendiri. Sumber kekuatan Tuhan itu bukan berkat, jadi tidak bisa untuk menobati. Yang dipakai mengobati harus dari tangan yang Aku utus. Tidak bisa mengobati tidak apa-apa bukan?)

“Karier, cita-cita ora ana ati nanging ana pikiran, kang disebut gegayuhan. Sing bener mlaku nurut ati. Dhawuh-Ku kudu luwih dhuwur saka kekarepanmu, amarga kowe rak kepengin ndherek Aku, ta? Iku rasakna dhisik. Lha yen akal budi iku pikiran kang kawetu.” (Karier, cita-cita tidak dari hati tetapi dari pikiran, yang disebut keinginan. Yang benar, berjalan menuruti hati. Perintah-Ku harus lebih tinggi dari keinginan kalian, karena kalian ingin ikut Aku bukan? Itu rasakan dahulu. Kalau akal budi itu pikiran yang keluar)

Ada saran untuk sementara tulisan ini tidak usah dibukukan, karena bisa membikin pertentangan di antara umat yang sudah terbiasa dengan kehidupan dan dogma sekarang ini. Aku bertanya tentang pengalaman komunikasi rohani Vassula yang sudah tersebar dalam banyak bahasa. Kami malahan ditanya, apakah kami bisa seperti Vassula dan kami jawab tidak. “Kowe rak durung kelebu wong pinter sing bisa nggawe lan othak athik samubarang. Kowe sakloron iku kelebu kelompok waskitha (?), kelompok sing setiti ngati-ati, sing isih bisa kena godha lan rubeda, isih gampang pecah, isih gampang ajur. Kelompok Gregori uwis adoh saka godha, sing arep nggodha wis pirsa. Kowe isih jilma manungsa, jilma sing isih nganggo rasa, dudu jilma kang suci, kang ora piye-piye, apa anane. Ya wis ngono kuwi, embuh ora weruh, lumaku tumuju. Kowe mlaku isih nganggo kekarepan.” (Kalian belum termasuk orang pintar yang bisa membuat dan rekayasa segala macam. Kalian berdua itu termasuk kelompok waskita, kelompok yang teliti hati-hati, yang masih bisa kena goda dan pencobaan, masih gampang pecah, masih gampang hancur. Kelompok Gregori sudah jauh dari goda, yang akan menggoda sudah tahu. Kalian masih jilma manusia, jilma yang masih memakai rasa, bukan jilma yang suci, yang tidak macam-macam, apa adanya. Ya sudah begitu itu, tidak tahu, berjalan dan sampai. Kalian berjalan masih memakai keinginan)

Aku bertanya macam-macam antara lain tentang masalah jika tidak ada pastur sewaktu mau Misa Kudus, tentang mengisi acara sebagai pembicara, tentang rencana paroki Bandung Timur. Jawabannya cukup mengagetkan! Bandung Timur harus berani mandiri, tidak harus bergantung kepada pastur yang tetap seperti paroki biasa. Umat harus dapat “menggereja” dalam pertemuan-pertemuan (gereja diaspora?). Doa Syukur Agung sewaktu imam mengulurkan kedua tangan memberkati roti dan anggur, itu berkat Tuhan sendiri. Dalam keadaan darurat, seperti tidak ada roti yang sudah dikonsekrir dan tidak ada imam yang memimpin Misa Kudus, jawabannya membikin terpana tidak percaya. Prodiakon dapat melakukan hal tersebut, namun roti dan anggur harus diangkat ke atas, agar Tuhan Allah sendiri yang memberkati, karena prodiakon bukan yang tertahbis. Doanya kurang lebih :“Dhuh Gusti, mugi kaberkatana dados Salira lan Rah Dalem Gusti.” Bebarengan roti lan anggur diunjukake ana dhuwur.” (Oh Tuhan, semoga Engkau sendiri yang memberkai menjadi Tubuh dan Darah Tuhan --- bersamaan roti dan anggur diangkat keatas)

Berkat Prodiakon ke anak kecil adalah berkat kesatuan katresnan, seperti berkat bapak untuk anak. “Dadia mantebe atimu, lambemu. Intine dadia sumber kekuatanmu. Iku kanggo bocah cilik sing dadi kekuatan, lha yen kanggo wong tuwa dadi keyakinan. Dongane :”Dadia kitresnaning Gusti ana awakmu, muga-muga dadi sumber kekuatanmu. ” Kitresnaning tegese kowe kang ditresnani. Lha yen kepengin ngomong cekak kanggo bocah cilik :”Dadia sabda dalem Gusti. Jadilah Terang ada padamu.” (Jadilah mantap hatimu, bibirmu. Intinya jadilah sumber kekuatanmu. Itu untuk anak kecil yang menjadi kekuatn, kalau untuk orang tua menjadi keyakinan. Doanya :”Jadilah terkasihnya Tuhan dalam dirimu, semoga jadi sumber kekuatanmu.” Terkasih maksudnya kamu yang dikasihi. Kalau ingin ngomong pendek untuk anak kecil :”Jadilah Sabda Tuhan. Jadilah Terang ada padamu.”)

Aku bertanya bagaimana untuk mengisi acara di Legio Maria
“Kowe ora susah nggolek saka Medjugorje, ananging olahen dhewe saka wedharan-Ku sing uwis okeh. Gawea masalah persembahan, sebab wanita sing disenengi persembahan ..... ..... . Persembahan yang bagaimana yang berkenan bagi Tuhan? Lelabet Gusti kudu ditimbangi nganggo katresnane awake dhewe. Terjemahna dhewe saka rangkuman Dhawuh Dalem. Piye carane kepranan banjur bisa kepikut, contone kaya bapak A, utawa kaya bapak B lan sipinunggalane. Persembahan kudu digawa, terus tumata, lagi tuwuh katresnan. Hargailah dulu persembahan, baru bisa mempersembahkan yang lain. Persembahan iku awakmu, bubar iku lagi katresnan. Dadi kesimpulane :Persembahkan dirimu sesuai dengan kemampuanmu. Intine sing tak suwun, buangen dosamu, resikna akal budimu, tumindakna lan ora perlu dialem ana alam donya. Ora dialem ya ora apa-apa, ora bisa ngobati ya ora apa-apa.” (Kamu tidak usah mencari dari Medjugorje, tetapi olahlah sendiri dari ajaran-Ku yang sudah banyak. Buatlah masalah persembahan, sebab wanita yang disukai persembahan ... (titik-titik). Pengorbanan Tuhan harus diimbangi dengan kasihnya diri sendiri. Terjemahkan sendiri dari rangkuman perintah Tuhan. Bagaimana caranya berkenan terus bisa tertarik, contohnya seperti bapak A atau bapak B dan yang lainnya. Persembahan harus dibawa, terus tertata, baru tumbuh kasih. Hargailah dahulu persembahan, baru bisa mempersembahkan yang lain. Persembahan itu dirimu, setelah itu baru kasih. Kesimpulannya :Persembahkan dirimu sesuai dengan kemampuanmu. Intinya yang Aku minta, buanglah dosamu, bersihkan akal budimu, berkaryalah dan tidak perlu dipuji di alam dunia. Tida dipuji ya tida ap-apa, tidak bisa mengobati ya tidak apa-apa)

“Kristen tegese Kristus, kang ateges menang, bisa ngalahake kadonyan, bisa ngalahake dosa. Bisa nata uripe, bisa ngalahake watak kang ana, kang katon, sing umum. Sing unggul rak watake, dudu katresnane; sing katon srakahe dudu kemurahane; sing katon kadonyane dudu swargane. Melawan urip raga sing katon, sing tak jaluk urip roh. Rohmu manunggal karo Aku, manunggal karo Roh Kudus-Ku. Mulane roh bertentangan karo raga.” (Kristen maksudnya Kristus, yang artinya menang, bisa mengalahkan keduniawian, bisa mengalahkan dosa. Bisa menata hidupnya, bisa menglahkan watak yang ada, yang kelihatan, yang umum. Yang unggul watknya, bukan kasihnya, yang kelihatan serakahnya bukan kemurahannya, yang kelihatan keduniawiannya bukan surgawinya. Melawan hidup raga yang kelihatan, yang Aku minta hidup roh. Rohmu menyatu dengan Aku, menyatu dengan Roh Kudus-Ku. Maka roh bertentangan dengan raga)

“Watak ora padha karo kebiasaan. Watak wis mlebu menyang mental, sing susah diilangi. Galak utawa cerewet iku kalebu kebiasaan, dudu watak. Dadi yen ora galak rak bisa ta? Yen ora cerewet rak bisa ta?” (Watak tidak sama dengan kebiasaan. Watak sudah masuk dalam mental, yang sulit dihilangkan. Galak atau cerewet itu termasuk kebiasan, bukan watak. Jadi kalau tidak galak bisa ? Kalau tidak cerewet bisa kan?)

Dhawuh pungkasan pukul 05.00 pagi :”Dadia keprabon Dalem Gusti, ya keprabone awakmu. Warisan dalem Gusti ana awakmu.” (Jadilah tempat singgasana Tuhan, ya tempat singgasana kalian. Warisan Tuhan berada dalam diri kalian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jagalah kesantunan dalam berkomunikasi, walaupun diselimuti kemarahan, kejengkelan, tidak puas dan sejenisnya.