Selasa, 27 April 2010

Pengalaman 27 April 2010

27 April 2010

Hari Rabu itu pak Jack Hallan dimakamkan pada siang harinya, kemudian pada sore harinya diadakan sembahyangan. Dia meninggal pada hari Selasa pagi karena sudah lama menderita sakit.
Malam itu aku pergi ke rumah pak Pudjono untuk ngobrol; Kemudian datang lagi pak Sumeri yang sebelumnya sudah janjian. Kami ngobrol bertiga tentang pengalaman rohani sewaktu pergi ke Sukaharjo Solo. Lama kelamaan pak Sumeri menggelar sleeping bag dan tiduran. Suasana cukup sepi karena langit juga agak mendung cenderung gerimis kecil.

Simbul yang terlihat malah aneh-aneh karena ada anglo (tungku dari tanah liat), sepet (sabut kelapa), daun pisang. Kemudian malah ada rokok menyala tanpa kelihatan orangnya, seperti rokok untuk orang yang sudah meninggal. Kelihatan juga anak kecil telanjang untuk sesaat kemudian hilang lagi. Pengalaman selama ini simbul-simbul tersebut sepertinya menggambarkan kematian.

Aku berdua ngobrol kesana kemari yang berkaitan dengan rohani, karena suasana tetap sepi, sedikit mencekam namun tidak ada yang menakutkan.
Berkisar pukul 23.23 pak Pudjono nyeletuk dalam hati tentang gambar Tuhan Yesus. Tiba-tiba ada suara yang terdengar :”Gambar Gusti Yesus iku Patria Eclesia.”

Kemudian pak Pudjono bertanya apa maksudnya, apakah ada hubungan dengan salib Tuhan Yesus. Yang terdengar kemudian :”Abba Abba Ramallah. Iku perwujudan kehendak Bapa. Kuwi manunggal ana piala.” Yang terlihat pada waktu itu seperti sibori, kemudian sibori tersebut seperti ditelungkupkan (mengkureb).

Kami bertanya-tanya mengapa sibori tengkurap dan ada suara menjawab :”Mengkureb kuwi tegese kurban. Ateges Gusti Yesus dikurbanake utawi menderita. Kosok baline yen mlumah, penderitaan ilang dadi keselamatan.”

Pak Pudjono bertanya mengapa siborinya koq kosong tidak isi hosti dan dijawab :” Ya kuwi mau, isine wadhah keselamatan. Dadi sak mangsa-mangsa kowe weruh Alkitab ditumpangi piala mengkuteb, kuwi tegese masa-masa penderitaan, masa-masa jatuh bangun, kanggo kowe. Yen uwis mlumah, kuwi tegese uwis masa keselamatan. Ya kuwi cobaan urip, perjuangan menuju keselamatan.”

Menawi pialanipun dipun isi hosti, tegesipun menapa?
:”Piala mlumah isih kosong, kuwi keselamatan murni saka Gusti. Lha yen wis isi Hosti, tegese keselamatan karana karunia, keselamatan sing diubah. Keselamatan murni tegese keselamatan kanggo wong suci. Sing suci anane, sing bener-bener suci rohe. Sing ora usah manut ajaran, wonge wis suci. Contone malaikat, sebab kuwi suci anane. Biasane wis suci saka kanane, suci anane.”

:”Pokoke kaya uwong sing wis suci saka kanane. Dadi asale uwis suci. Dadi gampangane, uripe ana donya ning uwis pirsa swarga. Gusti Yesus asale saka swarga, metu saka swarga, bali nyang swarga. Beda karo awakmu, sing kudu ditulungi nganggo kaunia, oleh karunia. Iku sing ngerti.”

Kalau contoh yang lain apakah para rasul atau Bunda Maria sendiri?
:”Para rasul kabeh isih uwong padha karo kowe. Bunda maria asale saka swarga bali menyang swarga, tipake ora ana. Yen kowe takon istilahe apa, Bunda maria kuwi istilahe Maharahim. Basa jawane melekat ning Allah. Bunda Maria kuwi dadi siji karo Allah.”

Kami kaget dan bertanya-tanya koq maharahim dan ada suara melanjutkan :”Gusti Yesus kuwi sempalane Allah utawa Rohing Allah kang wujud nyata, kang ketok. Ning ora kedadean marga manungsa. Jenenge Allah kang sirna. Allah sing ora katon kiblate, ning Allah.”

Kami bingung kembali dengan istilah Allah kang sirna, namun ada suara kembali :”Wis sethithik wae. Yen kowe bisa njlentrehake, kuwi wis peng-pengan. Wis padha kundura wae, sesuk disambung. Iki aja dianggep kowe ngarang. Iki ajaran temenan, kowe durung tau krungu.”

Jam menunjukkan pukul 23. 58 menjelang tengah malam, kemudian seperti terlihat anak kecil telanjang sedang bermain bandulan. Kami mengucapkan syukur dan terima kasih dengan cara doa spontan.

Sesaat kemudian aku dan pak Sumeri pamitan pulang.