Senin, 06 Februari 2012

1 Pebruari 2012

1 Pebruari 2012

Rabu sore itu ada sembahyangan memperingati seribu hari meninggalnya pak J.B.Saan. Kebetulan seluruh keluarga besar ibu Saan bisa berkumpul bersama. Aku sendiri datang agak terlambat karena mengira akan dimulai pada jam 19.00. Renungan diisi oleh pak Mardayat, malah terdengar beliau terisak dan merasakan bahwa roh pak Saan sepertinya sedang berada di kamar, malah tiduran. Pak Pudjono juga datang terlambat dan memang melihat pak Saan tidak mau keluar dari kamar, walau kami undang untuk “ngobrol”

Pulangnya aku mengantarkan pak Pudjono dan disusul oleh pak Sumeri, sehingga kami ngobrol bertiga. Karena sudah menjadi kebiasaan, pak Sumeri berdoa Rosario sendiri dan di depannya terlihat seperti botol minyak wangi atau zaitun yang tutupnya ada lubang meruncing.

Kemudian pak Pudjono melihat tulisan running text, yang kurang lebih bertuliskan:

“Holiday most current vertical life”
“Great on manual bombar…. home life venture complete”
“Home life …….. home life.. bagimu..”

Setelah itu terlihat seperti kepala seorang laki-laki yang telinganya njepiping, agak lebih lebar dari biasanya. Pelan pelan terlihat seluruh badannya dan seperti duduk lenggah siniwoko, namun kemudian pergi begitu saja.. Malahan kemudian yang terlihat seperti petromax menyala namun mendadak padam. Di depan pak Sumeri yang masih berdoa Rosario terlihat anglo, kemudian kunang kunang.

Kemudian bapak bapak yang tadi sepertinya kembali lagi, dan terlihat kurus, duduk bersila dan kedua tangannya lurus ke depan diatas tempurung lutut. Dia sama sekali tidak berbicara. Dalam bayanganku yang terpikir malah pak Saan yang baru saja didoakan. Beberapa saat dia berdiri dan sepertinya malah menempelkan sesuatu seperti wing penghargaan ke dadaku, ke dada pak Pudjono dan ke pak Sumeri. Kami tanya tetap diam saja, malah sepertinya dia menciumi atau malah mendekati membaui kami satu persatu kemudian pergi dan hilang.

Kami ngobrol tentang yang datang tersebut, mengapa memberi wing dan kemudian menciumi kami. Jangan jangan pak Saan, kalau melihat postur tubuhnya walau wajahnya sepertinya kurang sesuai dengan beliau.

Sekitar jam 21.10 pak Pudjono melihat seperti selendang putih panjang datang dari atas ke arah di depan kami. Selendang ini agak berbeda dengan selendang sutera yang pernah kami lihat sebelumnya, walau sama berwarna putih. Kemudian suara yang terdengar sepertinya:

“Anggepen kuwi string penggerak, selendhang penggerak. Gayutan antarane bapa lan anak, antarane Sang Hyang Kudus kaliyan Ibrani. Tegesipun momongan., utawi kawula. Antarane Kang Mahakuasa kaliyan kang katon (manungsa). Manungsa kang brata. Wis, bahasen dhisik.”

Kami ngobrol kembali untuk mencoba menangkap ajaran ini. Kemudian suara terdengar lagi.

:”Allah kang Tunggal nyawiji mring sariraningsun, dhumawah dadi lejaring penggalih neng murbening dumadi, alias kowe kabeh.”

:”Sak uger isih pirsa dhumateng wedharan Dalem utawi piwucal Dalem, piwucal Hyang Rama. Ana kene ngemu pangerten sadhar, emut, eling.”

Kemudian terlihat seperti layar putih tergelar di hadapan kami, dan suara yang terdengar :”Geber kuwi tulisana welinge pak Meri utawa kata mutiara pak Meri. Sifate umum, wejangan, piwulang.”

Pak Sumeri mengucap yang kurang lebih penyadaran diri bahwa manusia itu tempatnya berbuat dosa. Namun siapa yang mau bertobat, maka Allah akan mengampuni dosa kita. Suara yang terdengar :”Dadi wakile kulawarga, tampanen Sabda Dalem Gusti, resepna kanthi penggalih lan batos, lumeber marang sanak kadang, kang amung ngugemi, kareben kecipratan berkah Dalem, ben Asma Dalem dimulyakake. Keluarga pak Sumeri bisa ngasta, bisa nggawa pangracik unen unen lan angger angger. Gampange dadia sulihe pepadhang kanggo brayat liyan. Wis, gagasen dhisik.”

Sewaktu giliran ke pak Pudjono, pak Pudjono malah menyerahkan ke Gusti saja yang ngendika memberikan wejangan. :”Ganjaran kaswargan kuwi ora tiba dhewe, ananging kudu digayuh. Ana ing Angger-angger sepuluh lan angger-angger lima, kuwi tindakna. Dalan padhang bakal diparingake, lan sembada.”

Sewaktu giliranku, aku hanya berkata bahwa pejah gesang badhe pasrah bongkokan lan ndherek dhumateng Gusti. Suara yang terdengar :”Kuwi gulawenthahen dhewe.”

:”Penggayuhing kaswargan kuwi ora mung cukup lenggah utawa jumeneng lan ndremimil, ananging kudu diucapake dening ati ditambah rasa, dadi ora kena olehe ndonga kususu. Luwih becik meneng lan manthuk manthuk. Kuwi jenenge iman kang gesang dudu iman kang nrima, iman kang mlempem. Yakuwi iman kang kuwat. Iki ora dongeng ananging nyata.”

:”Iman kang gesang kuwi kudu bisa misahake antarane kebutuhan pakaryan kang lagi koq tandangi kalawan kowe butuh connect.”

Kami bertanya bagaimana sambil kerja dan berdoa, anggaplah seperti dokter yang sedang mengoperasi. Jawabnya:”Ana kono pagaweane malah lali, sing ana amung mari. Secara mripat sing koq deleng pagaweane; ananging sakjane sing ana dongane sing muncul, sing dadi. Secara kasat mata ketok gaweane, secara paningalan batin, Allah kang ngreksa, Allah kang ana. Cekakane neng kono sing ngreksa Allah, kemurahan Tuhan, kemijizatan Tuhan.”

Tentang berdoa sambil bekerja
:”Bisa digambarake beda yen kowe ora nyelakake, bisa diwastani padha yen kowe mandheg lan merlokake. Ya becike tinggalen dhisik. Kowe rak wis ngerti, endi sing penting saat iku. Aku ora nglarang wong nyambut gawe karo ndonga.”

:”Sing isa, kata katane kaya (seperti) wagu.”

Tentang doa pendek dan panjang.
:”Manut sejarah, donga kang berhasil kuwi donga kang ora dikarang, donga kang cekak lan tulus, umume nganti mbrebes mili sebab ngemu teges rumangsa bisa ketemu, utawa ngadhep ing ngarsane Gusti, ngarsane Allah. Yen ngono kuwi kowe rak malah lali kowe kuwi sapa, kowe kuwi lagi ngapa, kowe kuwi melik apa. Dadi ora kudu dawa ora kudu pendhek, kabeh padha.”

Tentang doa pakem.
:”Kuwi kanggo pangeling-eling kembanging urip, kanggo pengrias, mundhak sepi mundhak sangli. Bapa Kami kuwi intine kudu bisa njaluk ngapura, kudu bisa ngapura. Digawe dawa kuwi karepe memuji Allah dhisik, nggugah penggalihe Allah banjur Allah paring welas. Dongamu ditampa, aturmu ditampa, ananging kowe lali yen kowe duwe kewajiban, wani noleh memburi ngenolke masalah karo kang koq gemesi, karo kang koq mangkeli, karo kang koq mereni, karo kang ..(getem-getem seperti ingin menyakiti)..Amin.”

Kami ngobrol kembali cukup panjang.
Berkisar jam 23.00 pak Pudjono melihat bendhe dan pemukulnya kemudian sepi. Setelah itu ada suara :”Tulungana, dongakna wong wong sing padha sedhih.”

Kemudian kami berdoa syafaat bersama mendoakan yang kami kenal ataupun yang membutuhkan penghiburan dan ditutup dengan doa doa yang sudah kita kenal secara umum (pakem). Selesai berdoa, yang terlihat seperti ada palang, bahwa pertemuan sudah selesai. Kami masih mengobrol karuna hujan dan pamitan pulang sudah berkisar jam satu pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jagalah kesantunan dalam berkomunikasi, walaupun diselimuti kemarahan, kejengkelan, tidak puas dan sejenisnya.