Minggu, 25 Oktober 2009

Oleh-oleh mengagetkan

Pengalaman Yogya-Solo
06-11-08

Hari Kamis pagi aku dan pak Sumeri berangkat ke Yogyakarta. Bus Budiman yang kami tunggu nyatanya tidak ke Cicaheum, sehingga kami berdua naik bus sambung-sambung sampai tiga kali. Sampai di rumah pak Pudjono sudah pukul 20.00 sehingga untuk mengikuti perjamuan Misa Kudus malam Jumat pertama di Ganjuran tidak terlaksana.

Karena sudah berniat ke Ganjuran, maka pada pukul 21.00 kami berangkat bertiga ke Ganjuran. Sampai disana pas bubaran misa kudus dan kami terus masuk dan duduk bersila di depan candi. Di sana ditahtakan Hosti Tubuh Kristus di dalam monstran. Dalam penglihatan pak Pudjono masih sepi-sepi saja. Mungkin suasana yang agak hiruk pikuk, para petugas yang menutup tempat gamelan, belum memberikan suasana sakral.

Sekitar pukul 23.00 mulailah terlihat Kitab Suci yang terbuka dan klinthingan. Kemudian kami pindah tempat dan Santo Petrus hadir sekitar pukul 23.05, malahan kami diminta untuk menghadap ke timur saja.

“Kowe wong telu ya uwis cukup mewakili kelompok Durpa. Kitab Suci sing katon mau, iku simbule sumbering urip. Ana kene sifate kapercayan sing ora dikudokake. Pancen, Gustimu sing milih. Kuwi kabeh gumantung ana uwonge dhewe-dhewe. Aku mung paring priksa yen Kitab Suci kuwi sumbering urip, sumbering dalan padhang. Madhepa ngetan wae, lan aja lali tanggale.

Kitab iki sumbering urip gantine ……. . Dadi uripmu, lakonmu ana perjanjian iki. Aku ora ngudokake urip. Ning kowe uwis ana ing sumbering urip. Dadi uripmu ora bisa lepas saka ajaran iki. Ora merga aku sing milih kowe, nanging kowe dhewe uwis sanggup ndherek aku lewat dalan iki, sing dadi dalane urip.”

Menapa amargi pak Petrus ingkang nyepeng kunci?
“Aku nggawa kunci, nanging sumbering urip ya ana Kitab Suci. Paribasane aku juru mbukak lawang. Sapa sing kepengin mlebu, tak bukaki lawang. Daftare uwis ana. Mengko yen Gusti uwis rawuh, aturna apa sing arep koq suwun, sing arep kowe slametake. ……… Saiki padha lerena dhisik.

Sejenak kami minum dahulu wedang rondhe. Kemudian kami kembali lagi dan ngobrol dengan pak Petrus. Kami bertanya tentang hukuman sedikit dan hukuman banyak, apakah berhubungan dengan Api Pencucian.

“Dhendane ing samengko amarga unsur kesengajaan, sing kapindho ana unsur selak. Sing katelu ana unsur mbodho. Ana kene dhendhane ora padha. Ning kabeh slamet. Sing kapisan ing unsur kesengajaan, biasane lali sedhela banjur bali maneh. Sing kapindho amarga mundur isin, lan iku rada angel. Ning Gusti isih nggoleki uwong mau, ngantu-antu baline. Sing katelu iku sing luwih angel. ana kono Gusti nglepasake. Ana kono uwonge jane ngerti, nanging selalu nrajang, selalu ingkar. Dhendhane malah kekal.”

“Kowe uwis ngerti Gusti Allahmu, ning kowe malah golek allah liya. Ing Ekaristi Suci sing dadi puncake, kowe malah metu. Kabeh padha nyembah kowe malah guyon. Iku contone sing sederhana. Sing jenenge Misa Kudus, Ekaristi, kudu wiwitan nganti bubar, kudu ana njero, kudu krungu kabeh.”

Lha kalau kita sedang ngalamun atau sedang blank dan sering dialami di dalam gereja?
“Jawabane ora ana.”

Lha kalau sakit jiwa?
“Yen babagan kuwi ora termasuk kelompokmu sing ngerti. Kuwi dudu kelompokmu, nanging kelompok sing diparingi welas asih karo Gusti. Justru berkate wutuh.”

“Api Pencucian kuwi dalan kang peteng, ora ana roh kang bisa nembus. Ora ngerti lor kidul, mung buneg anane. Sing bisa ngengakake dalan padhang, bisa metu, yen eling marang Gusti. Dadi siji-sijine dalan kang bisa nylametake, awakmu kang bisa ngudhari. Kudu bisa nyuwun marang Gusti. Gusti kang koq anut. Muga-muga suarane tekan marang Gusti. Banjur Gusti dhawuh mbukakake lawang, utawa lobang cilik kang ana sinare. Dadi Gusti kang paring pangapura. Roh kang ana Papan Pangentosan kuwi anane buneg, serba buntu. Malah sing isih urip sing bisa nduduhake, sing bisa nyenyuwunake marang Gustimu. Ya cepak atene kaya ngono.”

Bab mati suri atau cerita orang yang sudah mati kemudian hidup lagi.
“Intine lolos sukma sesaat, sawetara. Bab kedadeane beda-beda. Iku sifate alami. Mati suri ana unsur durung didhawuhi, durung ditimbali dening Gusti. Dheweke baline ya ora ngerti. Dheweke bisa crita sing dialami, ditemoni ana kana. Critane ora padha. Nanging dudu sowan Gusti.”

Kemudian mulai terlihat simbul segitiga piramid transparan, dua digandheng atau setangkep atas bawah.
“Kuwi tegese uwong telu kang dadi siji. Siji tujuane, siji lakune, siji kekarepane. Sing ndhuwur simbul urip, sing ngisor simbul kang urip. Sing ndhuwur simbul rohani, simbul dari atas. Sing ngisor simbul sing isih urip, ya uwong. Dadi kabeh mau kudu selaras, kudu seimbang. Dadi ana kene, simbul sing ndhuwur iku Tri Tunggal Kang Maha Kudus. Paribasan, kowe kuwi bayangane sing nduwur. Iku gambaran rohani, dudu duniawi.”

“Simbul uwong arep mati kuwi bayangane kuwalik. Sirahe ana ngisor.”

Kemudian sepi, dan ada simbul anak domba menghadap ke selatan dan ada bendera kecil warna merah tertancap di tanah. Simbulnya kemudian berubah menjadi kacamata dan ada selendhang warna kuning. Kemudian seperti gapura dengan tulisan DEO. Jika diperhatikan malah seperti gambaran gereja dari belakang atau dari dalam, tulisan DEO berada di risplang. Juga terlihat salib. Gambaran lain terlihat pohon palem dan blimbing wuluh. Kami merasakan bahwa Gusti kersa rawuh namun dengan gambaran yang agak berbeda dengan harapan kami. Kami bertiga berdoa memohon bagai saudara-saudara yang sudah meninggal dunia. Jawaban Gusti Yesus cukup pendek. “Uwis. Aturmu uwis tak tampa.” Kemudian berhenti sejenak dan ada kata lanjutan :”Uwis beres.” Matur nuwun Gusti.

Setelah ngobrol sejenak masuk tanggal 07-11-2008 pukul 01.40 terlihat simbul bulus besar agak hitam mulus. Dan kami menduga bahwa Bunda Maria yang hadir. Terus ada suara :”Koq gumyak temen, kowe saka ngendi?” Kami menjawab macam-macam.

Kemudian Bundha Maria terlihat memakai kerudung seperti berjilbab dan berdiri di depan kami.
Kemudian ada suara :”Ya kuwi yen uripmu angel, ning ora angel. Bundha uwis rawuh ning durung bentuk kasunyatan. Angka telu, iku telu-teluning atunggal. Mau rak uwis diparingi weweruh Gusti. Ora ana uwong kang luwih bisa njlentrehake. Sing bisa ya mung sing bisa nggoleki.”

Kita memohon agar banyak orang bisa berkumpul, berdoa bersama, membentuk kelompok rohani dan dijawab oleh Bunda Maria :”Kowe rak durung tau ndongakake mangkono ta? Mengko sedulurmu rak akeh. Rosario, sing penting akehe olehe ndonga. Aku ora njagakake rosariomu, nanging njagakake dongamu.”

Kemudian kami ngobrol yang sifatnya lebih pribadi yang berhubungan dengan kehidupan kami masing-masing. Pada intinya semua doa itu baik selama keluar dari hati jiwa dan akal budi. Tidak ada pakem bahwa yang baik harus begini dan begitu.

”wis saiki aku tak kundur dhisik.” Bunda kemudian hilang secara cepat tidak tahu arahnya kemana. Kami hanya bisa mengucapkan terima kasih. Waktu sudah menunjukkan berkisar pukul tiga pagi. dan kami tidur di bawah pohon kepel. Bangun sudah hampir pukul enam pagi, persiapan Misa Kudus pagi hari.


07-11-2008
Berkisar pukul 11.30 yang kelihatan buah pete satu lonjor yang sudah diambil dari pohonnya. Kami tidak tahu apa yang dimaksud dengan simbul tersebut. Yang jelas memang sedang musim petai.

Sator = sator arepo tenet opera ratos. Kata-kata ini yang diterima ibu Pudjono dari teman gereja. Kami tidak tahu apa maksudnya.

08-11-2008
Hari itu Sabtu sore aku, pak pudjono, pak Sumeri berkumpul di rumah mas Darmanto di Solo. Kemudian datang Edi dari Semarang yang sengaja aku undang. Kami ngobrol kesana kemari yang bersangkutan dengan pendalaman rohani. Kebetulan adikku Edi seorang muslim yang mendapat karunia lebih. Mungkin cenderung disebut paranormal. Banyak kesamaan pandang tentang yang rohani, walaupun kami berbeda agama.

Setelah hari sudah menuju ke hari Minggu, berkisar pukul 01.00, kami berdoa masing-masing. Edi pindah ke kamar untuk bertahajud. Setelah doa masing-masing termasuk yu Lasiyem isterinya mas Darmanto, ada suara dan Tuhan Yesus berkenan gadir sebentar. Katanya singkat :”Aja nyembah liya, mung sembahen Aku, Gusti Allahmu.”

Bagiku itu suatu penguatan iman yang bukan main, dan mengingatkan aku untuk tetap teguh kepada-Nya.


10-11-08
Hari Minggu setelah segala macam acara ke gereja, lamaran untuk adik selesai, kami berempat pergi ke Matesih dan menginap di rumah keponakan. Aku sendiri, mas Darmanto, pak Pudjono dan pak Sumeri. Malamnya sepi-sepi saja dan kami tidur berkisar pukul sebelas malam.

Senin pagi sekitar pukul 06.30 Santo Yusup berkenan hadir, memakai jubah putih dengan tali pinggang berwarna hitam. Kami bertanya macam-macam dan dijawab :”Yen ana donya kene sebutanku Ki Bromo Manunggal. Aku dadi bapake ana alam donya. Manggonku ana ngisor. Yen disebut sebagai malaikat aku iku Rafael. Yen mlaku kanggo kekuatan, sebuten aku, Yen ngusir setan ya cukup Mikhael. Aku ora lenggah amarga aku luwih dhuwur karo kowe. Secara jasmani aku seda sakuwise Gusti mekrad, secara rohani aku ora ana.”

Masalah orang sakit biasa dan biasanya kita doakan, sebaiknya bagaimana :”Ana kono ora ana peperangan, mula ditanggulangi secara duniawi.”

Terlihat bahwa di belakang Santo Yusup seperti ada malaikat yang bersayap, wajahnya tidak kelihatan hanya ada suara yang semakin keras :”Hooma..... Hooma.... .”

Pertanyaan tentang siapakah sebenarnya Sang Hyang Wenang dan dijawab :”Sang Hyang Wenang kuwi kekuatan duniawi.” Gambaran yang terlihat berbentuk bola berapi. Hal ini berhubungan dengan pertanyaan Edi di Solo.

Cara atau sebutan Bapak Yusuf :”Sebuten aku Santo Yusup wae, gen ora kliru karo wong liya, mengko ndhak kepotong dongane.”

Obrolan pagi itu terpotong karena ingin ke sungai di belakang rumah. ”Ora apa-apa, yen kepengin niliki kali. Anggepen variasi piye yen kepengin konsentrasi nganggo cara kungkum.”

Di sungai belakang rumah, pak Pudjono melihat ada orang yang menyeberang. Kemudian di belakangnya ada lagi seorang perempuan yang juga menyeberang ke selatan. Mungkin disitulah tempat penyeberangan bagi yang tidak kelihatan.

Malam harinya malah sepi. Pak Sumeri yang ingin mencoba kungkum di sungai tidak jadi karena hujan besar. Semuanya tidur sore, hanya aku dan mas Kardjo yang ngobrol sampai hampir pagi.

11 Nopember 2008
Hari Selasa pagi kami berempat pergi ke gua Bunda Maria di Tawangmangu. Perjalanan menuju ke sana nyatanya cukup berat. Jalannya cukup menanjak tinggi, yang membuat kaki dan nafas begitu berat. Di perjalanan entah di perhentian jalan salib ke berapa, kami didampingi oleh suster yang kulitnya agak kehitaman. Dia mengaku bernama suster Katrin dari Dompu. Katanya dia yang diutus piket mendampinhgi kami..

Setelah sampai ke gua, kami berdoa dan mengucap syukur.. Aku cuci muka dan mata karena kacamataku patah dan semua kelihatan tidak jelas. Aku tidak tahu mengapa gagang kacamata sebelah kiri patah sewaktu di Matesih setelah dari sungai di belakang rumah. Malamnya sewaktu mengunjungi makam Pangeran Samber Nyawa, yang sebelah kanan juga patah sehingga aku tidak berkacamata. Pak Pudjono mengatakan bahwa malam itu Pangeran Mangku Negoro ke empat datang menyambut kami, berpakaian kejawen. Anehnya juga, pak Harto juga selalu kelihatan dengan senyumnya yang khas. Dia malah duduk di kursi hanya mengenakan kaos singlet. Tidak ada komunikasi dengan mereka, karena semuanya tidak menjawab, sewaktu ditanya.

Di gua Tawangmangu kami dijemput oleh Santo Yusup dan kemudian Bunda Maria juga berkenan hadir. Dalam pandangan pak Pudjono sepertinya kami diminta membaca tulisan yang berjalan, seperti running-text di TV. Sayang tulisannya tidak begitu jelas. Apa yang tertulis di bawah ini mungkin betul mungkin salah karena tidak jelas.

“Youth of Matrix …….. Holl ae He we Ave ….. …. Ima … of the venture in centrum …. .. Holl ae He Ave ….. Holl ae He Ave ….. Holl ae He Ave ….. Holl ae He Ave ……”

Kemudian Santo Yusup seperti bicara :”Immanuel kuwi hamba Allah kang terpuji. Ya ana kene kuwi yen nggoleki. Padha karo papan liyane, ning ana kene luwih cerah.”

“The past venture of natural in Holl ae He Ave ….. fitures of manual to back ground of life ….. My movie in health the most control of life ….. The people of ceremony of Gregory.”

Kemudian seperti ada gambaran domba dan ada suara berbisik :”Entenana arep ana uwong siji sing ndherek.” Aku tidak tahu apakah yang dimaksud ibu-ibu muda berjilbab yang menjaga gua tersebut.

Kemudian ada gambaran seperti ceret untuk masak air, ada kursi singgasana tetapi masih kosong. Setelah itu ada gambaran menara berwarna kuning dan suara :”Homili” Sepertinya Santo Yusup yang berbicara :”Paribasan kowe uwong kang golek iwak. Nek arep oleh akeh ya ana kedhung. Mungkin angel anggonmu nggoleki utawa nyekel, uwong banyune akeh lan jero. Aku percaya yen kowe uwis duwe dalane. Ananging durung sempurna nyemplunge. Saka segi kualitas uwis mumpuni, ananging anggone nyekel iwak durung bisa, mula sering isih uwal.”

Kemudian ada simbul salib. “Underaning kamulyan kang sejati ana kono. Cekak aos nylametake.”

Kemudian running text keluar lagi.:“Measures of memory of your arbant (arbor?) of people …. graduated monolog ….. happy many people ….. moon the holy day …. we life of Son ….. we use comfort, commanded in your health ….. this is summary memory your venture …”

Kemudian ada suara :”Aku kepengin kupingmu, pandelenganmu luwih cetha, sebab iku bahasa sing kowe ora patek ngerti.” Kami menawar kenapa tidak bahasa Jawa saja dan dijawab :”Lha iya, mesthine saya suwe saya angel. Tembunge gen saya mateng. Kamardikan kuwi neng awakmu, ning Gusti ora meksa. Lerena dhisik, wektune isih suwe.”

Kemudian ada simbul gambaran mawar merah, dan Bunda Maria berkenan hadir dan berkata :”Aku kang diutus rawuh, aku kang diutus nemoni. Uwis jangkep, ana bapa ana ibu.”

Kemudian running text keluar lagi :” Kurahe (?) …….. . Uniform religious of dead (?) beautiful memory, like shine of beautiful of sun ….. Graduated most of loose the shine in this competence ….. at most many people. ….. You must most many grade to go up ….. .. We hope happy at new decade ….. This is memory to go on in circulation in the new main (?) my self ….. You must (most) spring help ….. no more time to the dead, because the more time was loose ….. . The Imma as use Emmanuel comfort …. many people we hope come back to God. ….. . You must increase happiness ….. Swallow ….. swallow ….. swallow ….. Holy memory like music in main (mind) …. .”

Kemudian sepertinya Bunda Maria pergi, tetapi Santo Yusup masih kelihatan berdiri dan suster Katrin mesih menunggui. Simbul mawar merah datang lagi, dan kemudian Bunda Maria hadir kembali.

Running text terlihat kembali :“The most situated (situation?) measure kindle (?) to break was loose ….. only sprayed with me ….. an adult ….. your health. …. You must like me to holy to got in curable critis (?) measure to God. ….. to use commanded to the world. ….. Deasure comfortable main ….. Declarated of holy …… submerge (?) on the world ….. Defactor immonolog cufier(?) (?) ….. Alto guard to go on ….. to use more time to loose ….. to corporate in mark means God or sample ….. This is principle to absent practice to use combine God memory or no …”

Kemudian ada simbul telapak tangan kanan :”means - name - life - your mainer - judge of break.” Ada suara :”Kuwi simbul tanganmu tengen.”

Kemudian ada simbul seperti botol minyak wangi pipih tetapi ukuran besar :”uniform, communities, in link, slank bed (bad?)in new decade. ….. To growth Ambassador ….. adverb ….. yes … yes … yes to yield.”

Kemudian ada simbul bintang :”umbilicus versus hum labratori ….. more most white to clean …. transferse ….. calibrate ….. in come.”

Pak Pudjono menangis mengeluarkan air mata terus ke gua dan berdoa sejenak. Kemudian kembali berkumpul dengan kami. Ada simbul topi pet yang transparant :”Suggest …. to use link life … underground level … many people ….. sub level very support of your main ….. you must upgrade with commanded to grow up ….. submerge in principal holly news ….. This is circle link …. the best … civilities (?) game double hole gape finish.”

Kemudian ada simbul seperti kukusan untuk memasak nasi :”Tape and voice to bring justice complete ….. Durable to comfort image zig-zag zig-zag (dan semakin tidak jelas, dan akhirnya kami menyerah)

Kami mengucap syukur dan berterima kasih, walaupun kami merasa tidak bisa apa-apa. Mungkin Santo Yusup dan Bunda Maria kecewa melihat kami yang begitu gampang menyerah.

Kami kembali pulang dan berjalan menuju Sepanjang yang jalannya begitu menukik tajam. Hari itu begitu istimewa bagi kami dan cuaca cukup lumayan bersahabat dengan kami. Begitu kami masuk ke rumah di Matesih, hujan deras seperti ditumpahkan dari langit. Barulah terasa bahwa sepanjang kaki merasa pegal-pegal, dari ujung pinggul sampai telapak kaki. Kami hanya bisa mengucap syukur dan berterima kasih kepada yang kudus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jagalah kesantunan dalam berkomunikasi, walaupun diselimuti kemarahan, kejengkelan, tidak puas dan sejenisnya.