Minggu, 25 Oktober 2009

oleh-oleh Ziarah

ZIARAH DURPA 2007


Pada hari Minggu pagi 20 Mei 2007 kami bertujuh, pak Mardayat, pak Saan, pak Sumeri, pak Yohanes, pak Sumadi, pak Andir Bukit dan aku (Darmono) melakukan perjalanan ke Yogyakarta, ke rumah pak Pudjono. Selama perjalanan diisi dengan canda tawa. Sampai tujuan berkisar pukul lima sore. Sewaktu berdoa rosario bersama Santo Petrus berkenan hadir, yang dapat dilihat pak Sumeri dan pak Pudjono. Sewaktu di Pasirimpun Bandung, Pak Petrus berjanji akan mendampingi kami berziarah

21 Mei 2007

Kami serombongan berdelapan pergi ke Kitiran Mas di daerah Pakem berkisar pukul 10.30. Setelah kami berdoa masing-masing, simbul yang dilihat pak Pudjono agak aneh. Kemaluan laki-laki. Dan suara yang didengar pak Pudjono setelah diminta dalam doa, :”Amarga saiki sing teka kabeh uwong lanang. Simbul kuwi tegese luwes lan luas, bisa dijabarake akeh banget. Simbul kuwi bisa kanggo uwong sing mbutuhake keturunan, sing bisa nguatake iman gen ora ndelok kiwa tengen, bisa kanggo nyenengake tanda katresnan menyang bojo. Sing merlokake lan mbutuhake mrenea ana kene. Para pastur uga bisa padha sowan mrene, nyuwun kekuatan saka pacoben.”

Simbul gentha kliningan sapi kebo. Sepertinya kita diijinkan untuk mewartakan tentang tempat ziarah Kitiran Mas. Simbul yang terlihat pak Pudjono kemudian adalah satria pewayangan seperti Janaka dan Puntadewa. “Puntadewa iku satria sing bisa ngalahake kelanangane, lha yen Janaka sing bisa dadi lelanange jagad.”

Kemudian ada simbul bulus berwarna kuning kehijauan yang menutupi lubang sumur. Kami tidak tahu maksud simbl tersebut, walaupun rasanya kami pernah melihat simbul bulus sebelumnya

Bunda Maria hadir dengan bermahkota, pakaian putih, sebelah kiri kanan ada yang menjaga, seperti menghadap ke Bunda Maria. Mungkin malaikat penjaga. Kami bertanya apakah ada wejangan khusus bagi kami saat ini atau apapun saja dan dijawab :”Nek kanggo kowe kaya ora ana wejangan. Ning yen ana sedulurmu sing duwe masalah, ajaken mrene. Sumur iki sing diwastani sumur adi, sumur suci, sing bisa kanggo sarana. Kowe rak wis ngerti sing disebut sarana, ta. Wis ya, aku tak tindak, kabeh padha slamet.”

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke rumah mertua pak Andil Bukit, ngobrol dengan keluarga serta menyampaikan informasi komunikasi rohani dengan Bunda Maria.

Sore harinya kami sembahyangan di rumah pak Pudjono untuk ibunya yang dipanggil setahun lalu pada waktu gempa bumi. Ibu Siti Aminah ibunya pak Pudjono dalam pandangan pak Pudjono sudah naik ke tempat kelanggengan. Kemudian kami ngobrol dengan pak Aloysius dan ketua lingkungan Druwo.

Malam harinya kami ngobrol, dan meminta petunjuk Bunda Maria tentang tadi pagi.

Bulus kuwi tegese pituture ibu kang mulus.”

“Bener sing kok aturke mau yen papan kuwi bisa kanggo tamba. Tamba kuwi ora tak pilah-pilah. Kanggo wong lanang sing nyenyuwun ana kono bakal oleh kemareman. Oleh kanugrahan, oleh kabingahan. Mesthi cespleng.”

“Kremasi ora apa-apa, uwong asale saka lemah bali menyang lemah, yen asale saka banyu bali menyang banyu.”

Kami diberi wejangan bahwa tempat ziarah itu disebut papan sejati, tempat sejati kasat mata yang sudah ditetapkan oleh hierarki. Sedangkan apa yang kami alami dalam komunikasi rohani disebut papan sejati brana. Dikatakan bahwa papan sejati brana lebih bernilai dari pada papan sejati. Papan sejati brana dapat terjadi dimana saja, terserah kehendak yang kudus.

22 Mei 2007

Di Tritis kami berdoa dahulu seelum jalan salib. Simbul selama jalan salib mulai pemberhentian perama, yang dilihat pak Pudjono adalah ayam jago hitam yang kami perkirakan bahwa Santo Petrus selalu mengawal kami. Demikian juga terlihat simbul bunga, entah bunga apa.

Yang terlihat oleh pak Pudjono, Santo Petrus berjubah seperti imam dalam perjamuan kudus :”Yen kowe golek wisik, mrenea. Wisik kanggo golek dalan padhang. Sing kaloro wisik kanggo nyadhong rezeki.”

Simbol seperti vas bunga yang belum diisi bunga. Atau seperti poci dan bulu. :”Iki lebokna ana catetanmu.”

Tuhan Yesus berkenan hadir bermahkota duri di salib. Kami berdoa sebentar dan Tuhan Yesus berkata :”Ya wis, nyedhaka rene tak berkati siji-siji. ..... Wis saiki padha matura siji-siji.”

Pemberian simbul

Pak Saan diberi upet. à sumber api yang tidak pernah mati

Pak Andir diberi kitiran à tidak aktif kalau tidak ada yang menggerakkan

Pak Sumadi diberi batang palem tetapi daunnya seperti daun pisang. à arepa palem bisa dianggo nadhahi tetesing embun, tetesing rejeki, katentreman

Pak Sumeri diberi genthong gede. à gentong sumber rejeki okeh ning yen digawa abot, mula neng kana wae, ora susah ana ngendi endi

Darmono diberi kemucing à dianggo ngresiki barang sing ketoke resik ning sejatine ora resik, mula kudu diresiki. Dadi bisa ngresiki barang nganti alus lembut. Darmono bisa.

Pak Pudjono diberi palem raja ukuran besar, daunnya hanya dua lembar à uripmu lempeng dedege dhuwur uwite alus, ning godhonge ora bisa akeh. Rezekimu ngenteni tetesing embun, ora imbang karo butuhmu

Pak Mardayat diberi gurameh mateng ukuran besar à Semuanya sudah siap sedia, mung kari diladeni. Iya ming kari nampa, kabeh melayani.

Pak Yohanes sendhok kecil à sendhoke ora oleh mengkureb, yen mengkureb tegese uwis bubar.

Pesan Tuhan Yesus kurang lebih :“Rekasa-Ku kanggo kowe kabeh. Dadi rekasamu uwis tak panggul ana pundhak-Ku. Dalan padhang uwis ana ngarepmu.”

Santo Petrus datang lagi namun tidak berbicara apa-apa. Beberapa pertanyaan dan dijawab oleh Tuhan Yesus.

“Injil Tomas iku ora kanggo. Mengko mundhak ngrubah acara sing wis katulis ana Injil. Matius , Markus, Lukas lan Yohanes. Mesthine ora disebut Injil ning buku pengetahuan rohani.

“Thomas kuwi pinter nulis perjalanan urip kang rohani, ning atine dhewe isih bimbang lan kurang percaya. Thomas kuwi saka Yerusalem, mulane wejangane pepak, isine lengkap.

Thomas merasa setiap ke ara-ara mesthi ketemu karo Gusti Yesus. Ya kuwi kelakuane Thomas, terus dientha-entha direkayasa manut nalare dhewe.”

Sewaktu nulis di tanah (perempuan berzinah) :”Aku mung nulis palang salib. Tegese wong saka lor, kulon kidul saka wetan, ketemu dadi siji neng tetunggule Aku. Uwong saka ngendi wae ora bakal sempurna yen ora ketemu Aku. Secara khusus wong sing wis kabaptis luwih ngerteni dalane marani tunggul marani kebenaran, marani kesempurnaan. Yen uwong durung dibaptis atas Nama-Ku, dheweke mung ngetutake amarga tumindakmu, amarga awakmu. “

Pertanyaan tentang ….. “Yakuwi sing jenenge pacoben. Yen menungsa ya dicoba dening menungsa. Sing bener, uwong dicoba dening uwong, banjur dhawah ana pelukane si jahat. Aku ora nyebutake Setan utawa Iblis, ning si jahat. Carane ya mung nganggo imanmu kang kuwat, kang bisa namengi. “

“Lha iki salah sijining pasujarahan iman (ziarah). Suk emben yen mrene maneh mbok ngajak uwong sing luwih akeh, gen tambah keampuhane doa bersama. “

“Celakalah sing ana Matius, iku rak tulisane Matius. Iki tak elingake marang kowe, aja nggawe cilakane uwong.”

“Kaya wis pepak ora perlu tak andharake maneh.”

Pertanyaan tentang murid terpilih :”Murid telu iku murid sing tatag, nggatekake lan wani.”

Pertanyaan mengusir setan dengan doa dan puasa :”Tuhanku-Tuhanku, Engkaulah sumber kekuatanku.” “Dengan menyebut Nama Tuhan, kowe wis eling karo angger-angger. Minimal kowe eling, lan Aku ora marengke si jahat makarya. Mesthine kowe bisa milah-milah, endi penggaweane si jahat, endi penggaweane manungsa.”

Kami mengucap syukur dan meneruskan perjalanan ke Wanasari, ke keluarga pak Mardayat. Selesai makan siang kami melanjutkan perjalanan, dan memberitahu isteri karena sudah sore. Kami mengubah acara dan mampir ke Solo ke rumah mertua dan minta tolong disiapkan makan malam oleh Kuwat Budiana. Sebelum ke Solo masih keuber ke Danan Baturetna, berziarah ke Sendang Ratu Kenya.

Di Goa Maria Sendang Ratu Kenya.

Sewaktu berdoa di depan patung Bunda, pak Pudjono melihat bahwa di kepala patung Bunda Maria terlihat lingkaran aura bersinar seperti mahkota.

Saat itu Santo Petrus juga hadir selalu mendampingi.

Bunda Maria memberi aku rosario dan kelihatannya mengingatkan aku untuk berosario

Pak Sumeri diberi bluluk, pak Mardayat batu hitam, pak Yohanes sendok, pak Sumadi diberi lilin, pak Saan diberi Kitab suci, pak Pudjono diberi kupluk dari bambu (dikudhungi wakul) dan pak Andir Bukit disuruh menunggu dahulu. Sewaktu aku bertanya tentang orang lain yang berada di depan gua, merekapun mendapatkan sesuatu.

“Gua kene iki jenenge Gua Udheg-udheg sing bisa kanggo donga sing lagi mbuyer. Gua udheg-udheg uwis wiwit jaman Jepang.”

Kemudian nenek moyang kami Ki Tunggul Wulung juga hadir dan memberi tahu bahwa namanya Ki Darsa Sentana. “Aku kepengin methukake kowe lan tak jaluk kudu gelem teka ana keputren.” Dalam perjalanan Ki Dasa Sentana mendahului di depan. Kami malahan dijemput serombongan penari dan disubya-subya. Penari dengan dua tambur. Kelihatannya ditunggu di kapel dan diterima bahwa semuanya selamat. Pengalaman baru dijemput dan di subya-subya seperti pembesar secara rohani.

22 Mei 2007 malam

Malam hari di rumah Solo, ngobrol di kapel, pak Pudjono, pak Mardayat, pak Yohanes mas Darmanta, Kuat Budiana dan aku sekitar hampir tengah malam Tuhan Yesus hadir. :”Aku Gusti Allahmu , dudu sebagai Imam Agung. Sembahen Aku. Uwis, saiki matura. “

“Kuat tak paringi tongkat kanggo memimpin. Mas Darmanta iki ana kalung tampanen gen tambah waspada. Duwit satus iki kanggo pak Yohanes. Pak Mardayat, iki ana caping nggonen gen ora panas. Darmono iki tak paringi selendang maneh. Ya gen stolamu akeh, ora dadi apa. Pak Pudjono iki tak paringi karuk (kembang jambu.).”

Kami mengucap terima kasih. Untuk ibu sesepuh bekas ketua lingkungan diberi simbul nanas sebagai obat dari sakitnya.

Kemudian terlihat simbul besek bambu.

Setelah itu terlihat sinar perak bentuk lamda, oleh pak Pudjono ditanya dan dijawab :”kowe mau rak lagi ngomong jimat ngomong aji. Ya ngene iki sing jenenge aji kaya thathit.” Sewaktu ditanya wujudnya seperti apa, yang terlihat seseorang yang berpakaian seperti pesilat. “Jenengku mbah Sura, aku bisa mlumpat kali mlumpat segara ning ora klelep. Aku bisa mlebu ana dhuwit kuningan.” Karena kami tidak membutuhkan sipat kandel seperti itu, kami tidak menyedotnya dan mbah Sura berkata :“Ya uwis, nek ora kanggo aku tak mulih.”

23 Mei 2007

Di gua Maria Majasanga.

Setelah mengikuti jalan salib, kami berkumpul di paseban memandang ke Bunda Maria. Yang hadir menemanai seorang imam dari Munich (?) namanya pst. William Scot. Ada suara yang menyebutkan :” Gua iki diarani Gua Maria Tembem. Ana kene sing dianggo akal budi, dudu berkat. Ana kene kanggo nyenyuwun sing arep golek pasangan, golek bojo.”

Pak Pudjono bertanya, mungkin ada simbul-simbul yang bisa dilihat. Simbul yang kelihatan adalah cincin kawin. Simbul kedua yang terlihat adalah kembar mayang. Simbul ketiga adalah pemberkatan dari imam dan begitu selesai disuruh pulang. Simbul makanan yang kelihatan bolu kukus.

Sore harinya

Di Pohsarang ada suara yang mengatakan bahwa namanya gua Samiaji. “Ana kene kanggo lurupan (luruban?).” Pemahaman kami adalah bahwa secara rohani, semuanya sama papan sejati. Hanya secara phisik sering kali kita mengatakan disana indah, disini lebih bagus dan sebagainya. Harus diakui bahwa begitu masuk ke Pohsarang, yang ada dalam benak mengatakan tempat bagus dan komplit, diorama jalan salib seukuran manusia. Namun secara rohani semua tempat peziarahan mempunyai nilai sama.

Malam hari kami menginap di rumah keluarga pak Sumeri di Pare. Dalam komunikasi rohani dikatakan oleh Tuhan Yesus, nama lain dari gua Samiaji adalah gua Pepesthi yang artinya mesti akan terjadi yaitu sekarat. Luruban berarti ditutupi dengan kain.

Diberitahukan juga bahwa di Tulungagung sebelah selatan akan ada gua baru, namanya gua Panguraban. Arahnya kurang lebih selatan Tulungagung, kidul margi.

Kami menginap di keluarga pak Sumeri selama dua malam agar bisa merasa segar.

25 Mei 2007

Kami serombongan berjalan menuju Klepu, Ponorogo ke sendang Waluyajatiningsih. Serombongan mengikuti jalan salib panjang, aku, pak Mardayat dan pak Saan berjalan salib pendek.

Pak Pudjono mengatakan ada suara yang memberitahu bahwa sendang tersebut dapat diberi nama Sendang Sampurna.

Kami berdelapan diberi :

Aku diberi seperti Cakra

Pak Pudjono diberi bunga mawar merah kecil dari Bunda Maria

Pak Mardayat diberi kentongan

Pak Sumadi masih diberi lilin

Pak Andir diberi lilin menyala

Pak Saan diberi pisang mateng

Pak Yohanes diberi pisang mentah

Pak Sumeri masih diberi bluluk

Kemudian kami mampir ke rumah teman pak Yohanes. Selanjutnya kami menginap di rumah pak Krisman adiknya pak Yohanes. Kami bertemu dengan keluarga besar Widadaren. Akupun berbicara dengan isteri pak Krisman yang berada di Hongkong, mengucapkan terima kasih. Disini kami merasa betul-betul capai dan cepat tertidur. Berkisar pukul 23.00 sudah terlelap.

26 Mei 2007

Kami serombongan ke sendang Rosa Mystica Banyuurip di Tuntang. Sewaktu mulai persiapan jalan salib aku memimpin doa dan bertanya serta memohon yang kudus menemani. Dalam pandangan pak Pudjono yang berkenan hadir malahan Bunda Maria sedang posisi berdoa menunduk, terus melihat kami. Santo Petrus berdiri di belakang. Terlihat oleh pak Pudjono mawar putih besar berada di sebelah kanan, mawar merah setengah mekar berada di tengah. Bunda Maria membawa buket bunga, tersenyum kepada kami, disebelah kiri terlihat seperti telur putih. Apakah mawar kuning yang masih kuncup?

Sewaktu hampir selesai perjalanan jalan salib, oleh pak Pudjono terdengar suara seperti Tuhan Yesus : “Ndadak ngapa nangis? Jenenge ora susah diganti gen ngono wae.” Maksudnya tetap Rosa Mystica.

Pemberian di Banyuurip

Darmono diberi ceret berisi air bening dan cangkir, “Akal budine jujur bening.” simbul kedua jeruk peres yang dipotong di cangkir.”Unjuken.” Kemudia ada Alkitab Perjanjian Baru berwarna biru.

Pak Mardayat terlihat santai merokok “Uwis plong. Tenang, deweke uwis berbuat banyak lan sanggup.”

Pak Sumeri terlihat masih bluluk. “Uwis genep. Coba mutera memburi.” Jawaban lain :”Tumbu oleh tutup. Uwis kersane”

Pak Pudjono diberi lilin kecil :”Ya, padhang cilik; uwis beres. Uculana karo wetonmu, ilangna tanggung jawabmu.”

Pak Saan diberi degan kambil ijo :”Pajek, didhendha. Wajib.” Simbul lain yang terlihat seperti orang membayar di loket.

Pak Sumadi terlihat sedang dolanan othok-othok debok. :”Lagi jaranan.”

Pak Andir Bukit diberi simbul sedang menimba air dengan ember :”Uwis kebak. Budayane uwis bisa diilangi.”

Pak Yohanes diberi simbul pengaron gedhe penuh air namun tanpa bunga.:” Sumingkira, ben dianggo dhewe.” Terlihat pak Yohanes sedang memberi berkat.

Kami mengucap puji dan syukur karena merasa bahwa kami sebenarnya tidak pernah ditinggalkan. Kemudian kami melanjutkan perjalanan kembali.

Di Gua Kerep :

Kami langsung ke gua Maria dan berdoa di depan patung Bunda Maria. Dalam pandangan pak Pudjono terlihat Bunda Maria hadir yang sepertinya malahan seorang biarawati Santa Angela atau santa Bernadet (?) pakai bandho merah. Diatas kepalanya terlihat seperti patung kecil Bunda Maria.

Simbul umum yang dilihat pak Pudjono gedheg dipasang diikat untuk membuat ruang. Simbul lainnya ngesuhi atau membuat pengikat sapu.

Yang terlihat adalah bulan sabit melengkung ke bawah, yang lama kelamaan semakin membesar, walupun masih agak remang-remang. Juga terlihat mawar kuning yang masih kuncup. :”Jenenge gua iki gua Seneng utawa gua Raharja. Kena uga diarani gua Lestari. Wis, mengko mundhak malah mbingungke.”

Simbul Durpa seperti model tugu tetapi dari lilin yang ujungnya lancip dan belum menyala. Suara yang terdengar :”Mengko isih sore.”

Pemberian dan simbul yang dilihat pak Pudjono

Pak Pudjono diberi simbul lilin menyala.

Darmono diberi simbul keris :”Lanang. Wujude ana.” Simbul lainnya malahan tumbak. :”Yen kepepet malah wani tur galak.” Simbul lainnya sibori kuning keemasan.:”Gen endang balia menyang Bandung lan edumna.”

Pak Mardayat sedang sarungan santai. “Ya ben leren.” Simbul lainnya adalah cincin mas dan kami tanya maksudnya. :”Ya, tandha kang uwis tak patri.”

Pak Sumeri diberi simbul sibori :”Kudu isa ngurmati jenenge dhewe dhisik.“ Simbul lainnya rosario kuning. :”Ya kuwi rencanamu.” Mungkin berhubungan dengan janji pribadi.

Pak Saan diberi simbul anglo kecil. Terlihat seperti orang bersila tertutup grahana.

Pak Sumadi terlihat sedang main akrobat, simbul lain pandai menghindar seperti petak umpet. :”Sangkan parane selalu ana.” Terlihat dia sedang sarungan tersenyum. :”Pokoke ana wae.”

Pak Andir Bukit, terlihat ada meja bulat memakai taplak putih tetapi di atas meja masih kosong. Simbul lain terlihat rantai cukup besar melingkar. :”Uwis tepung.”

Pak Yohanes malahan terlihat di depan seperti sedang mengajar.

Setelah mengucap puji dan syukur, kami melanjutkan perjalanan untuk menginap di keluarga pak Mardayat di Magelang.

27 Mei 2007

Pagi hari kami bersiap ke gereja untuk mengikuti Misa Kudus. Hari itu pas perayaan Pentakosta. Kami mampir ke gereja di Magelang, namun masih menunggu lama, dan selanjutnya kami melanjutkan perjalanan ke Temanggung. Kami mengikuti perjamuan kudus di gereja Temanggung selama dua jam. Di gereja pas ada tambahan acara pembaruan janji perkawinan bagi keluarga yang menikah pas bulan Mei.

Kami sarapan di alun-alun Temanggung dan melanjutkan perjalanan ke Rawaseneng. Di pertapaan Rawaseneng kebetulan sedang ada rombongan dari Surakarta dan Surabaya yang menginap. Mereka sedang mengikuti Misa Kudus dan kami berjalan-jalan sambil menunggu. Kami menginap di sana, namun pak saan pamitan pulang dahulu. Dia mengejar waktu untuk mengajar muridnya pada hari Senin. Mungkin hal ini berhubungan dengan simbul pemberian sewaktu di sendang Banyu urip, Tuntang.

Malam hari setelah makan, kami berkumpul sekitar pukul delapan malam kurang. Aku menyampaikan pesan pesan selama perjalanan yang telah aku catat, dan aku persilahkan untuk menjabarkan masing-masing pribadi. Kemuadian datanglah Bunda Maria sambil membawa bayi dan diserahkan kepada pak Sumeri. Setelah selesai, Bunda Maria berkata :”Wis ya, aku tak kondur.”

Percakapan dilanjutkan dan yang terlihat pertama oleh pak Pudjono, seperti penari Bali dan sedang menari. Suara yang terdengar dia sedang menghibur kami yang pikirannya penuh persoalan karena kepergian pak Saan. Dia berkata dari China dan berdiri di depan pak Sumeri. Suara yang terdengar pak Pudjono :”Apa ora ana sing kaya aku?”

Setelah itu ada seorang nenek namun berpakaian kebesaran dan tidak menyebutkan namanya. Dia datang bukan dari atas.:”Sebuten wae yen aku mbahmu.” Dia muncul datang dari arah selatan, dekat dengan pak Sumadi duduk. Pak Sumadi diminta menghadap ke selatan dan diberi tongkat dan suara yang terdengar :”Wis, mujur.”

Pak Mardayat diberi simbul alat suntik, pak Sumeri diberi simbul yang berhubungan dengan seorang bayi, yaitu bantal kecil dan dot. Darmono diberi simbul merokok di kursi goyang. Pak Yohanes diberi simbul ada pacul, senter, rengginang, intip goreng. Pak Pudjono diberi simbul buku skrip untuk mencatat.

Kemudian ada simbul kodok, setelah itu kutis dan ada suara :”Jawabanmu kurang titis.” Kemudian terlihat pak Saan seperti sedang mengayuh sepeda begitu berat.

Pak Andir Bukit diberi simbul …………., yang bersangkutan sudah tidur duluan.

Kemudian ada simbul terlihat anak kecil yang bermain di kursi, di depan pak Sumeri. Di depanku ada simbul bedog atau golok. :”Gen ditegeske dhewe, uwis ngerti.” Di depan pak Yohanes ada simbul brambang merah tunggal.

Kemudian ada SMS dari keluarga ibu Maria dan pak Pudjono berdoa rosario sendiri dahulu.

Aku menyelesaikan catatan ini namun lupa akan simbul untuk pak Andir Bukit.

Kami mengobrol kembali namun terasa sepi tidak ada apa-apa. Aku sendiri yang selama perjalanan tidur di lantai dan kursi, begitu tidur di kasur Rawaseneng malahan tidak merasa enak. Kepanasan dan gelisah tidak bisa tidur, mungkin sampai pukul tiga pagi.

Pagi harinya sewaktu sarapan bertemu seorang perempuan muda yang baru datang dari Malang. Namanya Maria. Aku memberi kenang-kenangan CD pengalaman rohani. Sebelum berangkat melanjutkan perjalanan kami berdoa sendiri-sendiri, pak Pudjono melihat bahwa Tuhan Yesus berdiri di jalan, seperti mempersilahkan kami, atau memberi berkat. Dalam mobil pak Sumeri mengajak berdoa kembali.

Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan menuju Kaliori Banyumas, lewat Wanasaba dan melihat keindahan pemandangan dua gunung yang mengapit perjalanan kami. Kami istirahat di alun-alun Banjarnegara, namun dawet ayu kas Banjar belum ada yang uka. Tengah hari kami sampai ke gua Maria Kaliori. Sebagian langsung ke gua berdoa dan berosario, dan sebagian lagi melaksanakan jalan salib. Aku mampir sebentar ke rumah retreat untuk ngobrol dan aku tinggalkan CD pengalaman komunikasi rohani.

Sepertinya di gua Kaliori sepi-sepi saja atau karena kami sudah lelah dan terpecah dua kelompok.

Perjalanan diakhiri di rumah pak Sumeri untuk berdoa bersama di gua Maria Kramat, mengucap puji dan syukur atas pendampingan selama di perjalann ziarah.

Selama sembilan hari perjalanan peziarahan kami, ada sembilan Gua Maria yang kami kunjungi. Banyak wejangan dari yang kudus yang dapat kami terima, walaupun tidak semuanya tercatat dengan baik. Pak Pudjono mengatakan bahwa sebenarnya dia melihat simbul bunga mawar namun tidak dia katakan. Bunga mawar tersebut dalam pandangan pak Pudjono seperti terbuat dari gerenjeng atau kertas keemasan, seperti bukan mawar beneran. Bunga mawar berwarna keemasan!

Semoga perjalanan ini dapat berguna bagi orang lain yang bersedia membaca atau mendengarkan pengalaman kami.

Tuhan Yesus, Bunda Maria, Santo Petrus, terima kasih atas pendampingan selama kami berziarah. Semoga rahmat kasih, damai dan persatuan menaungi kami semua dan dunia. Amin!

Bandung 31 Mei 2007

J. Darmono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jagalah kesantunan dalam berkomunikasi, walaupun diselimuti kemarahan, kejengkelan, tidak puas dan sejenisnya.